SUNANDI, SUNANDI (2021) ANALISIS BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK BERDASARKAN TAHAPAN WALLAS DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT. Pascasarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
COVER.pdf Download (89kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (85kB) |
|
Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (69kB) |
|
Text
LEMBAR PERSETUJUAN REVISI.pdf Download (361kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (103kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (128kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (227kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (200kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (176kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (364kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (106kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (121kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan berpikir kreatif peserta didik berdasarkan tahapan Wallas ditinjau dari adversity quotient dengan AQ tinggi (climber), AQ sedang (camper), dan AQ rendah (quitter) kelas XII SMK Negeri Rajapolah Tasikmalaya dalam memecahkan masalah peluang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu angket Adversity Response Profile (ARP), tes, dan wawancara. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XII TKRO 4 yang berjumlah 36 orang. Dalam penelitian ini analisis data yang dilakukan menggunakan analisis deskriptif, data yang dianalisis pada penelitian ini yaitu hasil jawaban dari angket Adversity Response Profile (ARP) yang kemudian hasilnya diklasifikasikan dalam kategori adversity quotien menjadi tipe climber, camper, dan quitter. kemudian diambil tiga subjek untuk mewakili masing-masing seorang dari setiap kategori. Kemudian lembar jawaban subjek penelitian mengenai soal tes berpikir kreatif matematis dan hasil wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik kelas XII TKRO 4 dengan masing-masing subjek yaitu S-34 (climber), S8 (camper), dan S2 (quitter) dapat menyelesaikan tes tes berpikir kreatif matematis sesuai dengan tahapan Wallas dalam berpikir kreatif yang sudah ditentukan. Hasil analisis menunjukkan bahwa masing-masing subjek berbeda dalam proses mengerjakannya. S-34 (climber) banyak menunjukkan adanya karakteristik berpikir kreatif yang sesuai dengan kategori climber, S-8 (camper) cenderung menunjukkan beberapa karakteristik berpikir kreatif yang lebih sesuai dengan kategori camper, dan S-2 (quitter) tidak menunjukkan karakteristik berpikir kreatif yang sesuai dengan kategori quitter. Kata Kunci: Berpikir Kreatif, Peserta Didik, Tahapan Wallas, Adversity Quotient.
Item Type: | Thesis (Pascasarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 25 Sep 2023 08:36 |
Last Modified: | 25 Sep 2023 08:36 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10992 |
Actions (login required)
View Item |