ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK BERDASARKAN SKEMA FONG DAN FAKTOR-FAKTOR PENYEBABNYA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIK

NURSYAMSIAH, DIANA (2021) ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK BERDASARKAN SKEMA FONG DAN FAKTOR-FAKTOR PENYEBABNYA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIK. Pascasarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (121kB)
[img] Text
02. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (61kB)
[img] Text
03. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (55kB)
[img] Text
04. ABSTRAK.pdf

Download (92kB)
[img] Text
05. KATA PENGANTAR.pdf

Download (224kB)
[img] Text
06. DAFTAR ISI.pdf

Download (89kB)
[img] Text
07. DAFTAR TABEL.pdf

Download (84kB)
[img] Text
08. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (85kB)
[img] Text
09. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (156kB)
[img] Text
10. BAB I.pdf

Download (201kB)
[img] Text
11. BAB II.pdf

Download (812kB)
[img] Text
12. BAB III.pdf

Download (403kB)
[img] Text
13. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (900kB)
[img] Text
14. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)
[img] Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (415kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan peserta didik berdasarkan Skema Fong dalam memecahkan masalah matematik dan menggali faktor-faktor penyebabnya dalam memecahkan masalah matematik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif eksploratif. Pengambilan subjek dalam penelitian ini diambil melalui eksplorasi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes pemecahan masalah matematik dan wawancara tidak terstruktur. Instrumen dalam penelitian ini yaitu instrumen utamanya adalah peneliti itu sendiri dan soal tes pemecahan masalah matematik sebagai instrumen pendukung. Teknik analisis data dengan langkah-langkah meliputi reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan data. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh simpulan bahwa Kesalahan peserta didik berdasarkan Skema Fong dalam memecahkan masalah matematik yaitu S17 melakukan kesalahan tidak menuliskan penyelesaian dan hanya menuliskan kembali soal; S24 melakukan kesalahan ketidak lengkap dalam menuliskan rumus keliling persegi panjang, salah dalam membuat model matematika dari informasi yang terdapat pada soal, salah menuliskan satuan luas persegi panjang, tidak menuliskan satuan lingkaran, salah menuliskan kesimpulan jawaban yang dicari, kesalahan jawaban yang tidak relevan dengan solusi, kesalahan dalam prosedur eliminasi; S8 melakukan kesalahan tidak lengkap dan tidak selesai dalam menyelesaikan soal, tidak menuliskan kesimpulan dan tidak melakukan pemeriksaan kembali terhadap hasil jawaban; S12 melakukan kesalahan tidak lengkap menuliskan apa yang diketahui dan ditanyakan, tidak menulis satuan luas, salah menuliskan satuan luas dan salah dalam menulis simbol (=) dengan (:) dan S6 melakukan kesalahan dalam melakukan operasi pembagian, salah menuliskan satuan keliling kebun, tidak menuiskan satuan luas, salah dalam menuliskan kesimpulan. Faktor-faktor penyebabnya dalam memecahkan masalah matematik yaitu penyebab kesalahan S17 tidak memahami konsep dasar, tidak fokus dan tidak memiliki motivasi untuk memahami materi; penyebab kesalahan S24 malas melakukan pengecekan ulang terhadap jawaban yang sudah dikerjakan, dan kurangnya pemahaman terhadap konsep materi; penyebab kesalahan S8 Kurang pemahaman terhadap materi, lambat dalam mencerna penjelasan di kelas, tidak memiliki keinginan untuk mengejar ketertinggalan dan malas mengulang materi yang tidak dipahami; penyebab kesalahan S12 tidak terbiasa menuliskan diketahui dan ditanyakan,; dan penyebab kesalahan S6 terburu-buru akibat kurangnya perencanaan yang matang untuk menyelesaikan soal dan kurang latihan soal yang dapat mengasah kemampuan untuk membangun strategi penyelesaian soal-soal. Penyebab lainnya S24 dan S12 tidak membaca soal dengan teliti dan terburu-buru dalam mengerjakan soal. Kata kunci: Kesalahan, Kesalahan Skema Fong, Pemecahan Masalah.

Item Type: Thesis (Pascasarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 25 Sep 2023 02:05
Last Modified: 25 Sep 2023 02:05
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10990

Actions (login required)

View Item View Item