FAUZIYYAH, AFIFAH (2023) SCRUTINIZING THE CONTRIBUTIONS OF TEXTUAL AND VISUAL RESOURCES IN CAMPAIGN POSTERS REGARDING THE PROMOTION OF PARENTS’ AWARENESS OF CHILDREN’S LANGUAGE DEVELOPMENT: AN SF-MDA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1-Cover.pdf Download (125kB) |
|
Text
2-Approval Sheet.pdf Download (7MB) |
|
Text
3-Lembar Pernyataan.pdf Download (1MB) |
|
Text
4-Personal Page (Motto).pdf Download (182kB) |
|
Text
5-Abstrak.pdf Download (119kB) |
|
Text
6-Abstract.pdf Download (126kB) |
|
Text
7-Preface.pdf Download (85kB) |
|
Text
8-Acknowledgements.pdf Download (94kB) |
|
Text
9-Table of Contents.pdf Download (88kB) |
|
Text
10-List of Tables.pdf Download (80kB) |
|
Text
11-List of Pictures.pdf Download (28kB) |
|
Text
12-List of Enclosures.pdf Download (28kB) |
|
Text
13-Chapter I.pdf Download (143kB) |
|
Text
14-Chapter II.pdf Download (420kB) |
|
Text
15-Chapter III.pdf Download (174kB) |
|
Text
16-Chapter IV.pdf Download (269kB) |
|
Text
17-Chapter V.pdf Restricted to Repository staff only Download (95kB) |
|
Text
17-Chapter V.pdf Restricted to Repository staff only Download (95kB) |
|
Text
18-References.pdf Download (191kB) |
|
Text
19-Enclosures.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian kualitatif ini adalah untuk menganalisis sumber semiotik visual dan tekstual yang digunakan dalam empat poster kampanye mengenai promosi kesadaran orang tua terhadap perkembangan bahasa anak untuk mengungkap kontribusi dari setiap sumber semiotik dalam merepresentasikan pesan dalam poster terpilih. Data penelitiannya adalah empat poster kampanye mengenai promosi kesadaran orang tua terhadap perkembangan bahasa anak yang dipublikasikan oleh Worcestershire Speech & Language Therapy NHS Trust untuk kampanye “We Need to Talk” Month. Data diperoleh dari akun Twitter resmi Worcestershire Speech & Language Therapy, @SLT_Worcs. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Multimodal Content Analysis (Serafini & Reid, 2019). Penelitian ini menggunakan teknik analisis dokumen dan teknik purposive sampling untuk mengumpulkan data. Kemudian data tersebut dianalisis menggunakan alat-alat analisis SF-MDA yaitu ideational meaning of Systemic Functional Linguistics dari Halliday dan Matthiessen (2004) dan representational meaning of Visual Grammar dari Kress dan van Leeuwen (2006). Temuan penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar sumber-sumber tekstual memiliki proses material yang mengindikasikan bahwa NHS Trust mencoba untuk mengajak penonton untuk beraksi dan bekerja sama untuk mengatasi isu yang diangkat begitu juga dengan meningkatkan kesadaran penonton terhadap isu ini. Sedangkan seluruh sumber visual memiliki proses transactional reaction yang mengindikasikan bahwa NHS Trust secara langsung menunjuk pembaca (melalui tatapan) untuk merespon dan bereaksi terhadap tatapan represented participant (digambarkan di dalam poster) untuk bekerja sama mengatasi isu yang diangkat dalam keempat poster kampanye terpilih. Kata Kunci: Poster kampanye, kesadaran orang tua terhadap perkembangan bahasa anak, Sistemik Fungsional Analisis Wacana Multimodal, Linguistik Sistemik Fungsional, Tata Bahasa Visual
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | K Law > KD England and Wales |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 22 Sep 2023 08:36 |
Last Modified: | 22 Sep 2023 08:36 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10980 |
Actions (login required)
View Item |