THE EFL STUDENTS’ PERCEPTIONS REGARDING TO THE DIFFICULTIES IN SPEAKING ON SURVIVAL ENGLISH CLASS: A CASE STUDY

JULIAN, AMAR SABILI DWI (2023) THE EFL STUDENTS’ PERCEPTIONS REGARDING TO THE DIFFICULTIES IN SPEAKING ON SURVIVAL ENGLISH CLASS: A CASE STUDY. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
01. Cover.pdf

Download (191kB)
[img] Text
02. Approval Sheet.pdf

Download (295kB)
[img] Text
03. Pernyataan.pdf

Download (203kB)
[img] Text
04. Abstrak.pdf

Download (95kB)
[img] Text
05. Preface.pdf

Download (109kB)
[img] Text
06. Acknowledgement.pdf

Download (93kB)
[img] Text
07. Daftar Isi.pdf

Download (110kB)
[img] Text
08. BAB I.pdf

Download (106kB)
[img] Text
09. BAB II.pdf

Download (119kB)
[img] Text
10. BAB III.pdf

Download (116kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (159kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img] Text
13. Daftar Pustaka.pdf

Download (162kB)
[img] Text
14. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa EFL terhadap kesulitan dalam berbicara bahasa Inggris dan penyebabnya. Penelitian ini dilakukan oleh mahasiswa yang telah mengikuti Kelas Survival English sebagai kelas berbicara pertama. Rancangan penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subyek penelitian adalah mahasiswa yang telah mengikuti Kelas Survival English. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan wawancara. Dari temuan dan pembahasan, peneliti menemukan beberapa kesulitan dan penyebab kesulitan dalam berbicara bahasa Inggris. Kesulitan berbicara ada tiga faktor, yaitu; 1.) Masalah Linguistik (kosa kata tidak mencukupi, pengucapan tidak akurat, tata bahasa tidak mencukupi); 2.) Masalah Psikologis (takut salah, tekanan teman sebaya, kurang percaya diri); 3.) Faktor Lingkungan (jarang percakapan bahasa Inggris, lingkungan belajar kurang mendukung, partisipasi rendah di kelas). Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa Faktor Lingkungan paling dominan, baik dengan teman maupun dengan dosen dalam kegiatan di kelas. Mahasiswa juga mengalami kendala dari faktor lain selain Faktor Lingkungan. Mahasiswa ini merasa kesulitan dalam menggunakan tenses pada grammatical. Di faktor lain, ada juga mahasiswa yang cenderung mengalami banyak masalah dari beberapa faktor karena jarang menggunakan bahasa Inggris dalam berbicara dan jarang melatih kemampuannya berbicara bahasa Inggris. Kata kunci: kesulitan berbicara siswa, berbicara bahasa Inggris

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: K Law > KD England and Wales
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 07 Sep 2023 06:18
Last Modified: 07 Sep 2023 06:18
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10920

Actions (login required)

View Item View Item