ANALISIS PROSES BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN KECERDASAN LOGIS MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF

HANDAYANI, ELI (2021) ANALISIS PROSES BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN KECERDASAN LOGIS MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF. Pascasarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (36kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (58kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (123kB)
[img] Text
4. PERNYATAAN KEASLIAN.pdf

Download (31kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (12kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI.pdf

Download (238kB)
[img] Text
7. BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (47kB)
[img] Text
8. BAB 2 LANDASAN TEORITIS.pdf

Download (302kB)
[img] Text
9. BAB 3 PROSEDUR PENELITIAN.pdf

Download (198kB)
[img] Text
10. BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
11. BAB 5 SIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (106kB)
[img] Text
13. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses berpikir kritis dan kecerdasan logis matematis ditinjau dari gaya kognitif field dependent dan field independent. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan di kelas X RPL SMK Yapinda. Subjek penelitian dipilih dengan menggunakan teknik purposive dan terpilih 2 subjek yang diambil dari peserta didik kelas X RPL SMK Yapinda. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan memberikan soal tes berpikir kritis matematis, angket kecerdasan logis matematis, dan tes gaya kognitif. Intrumen pendukung yang digunakan yaitu soal tes berpikir kritis matematis, angket kecerdasan logis matematis dan lembar tes GEFT. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) proses berpikir kritis peserta didik gaya kognitif FD pada indikator menganalisis argumen dan mempertimbangkan keputusan dilakukan dengan mengidentifikasi permasalahan, menentukan proses penyelesaian, dan menuliskan kesimpulan tetapi kurang tepat, pada indikator melakukan pembuktian, mengidentifikasi asumsi dan menentukan solusi dilakukan dengan mengidentifikasi permasalahan, menentukan proses penyelesaian, dan menentukan hasil penyelesaian namun tidak menuliskan kesimpulan; (2) proses berpikir kritis peserta didik gaya kognitif FI pada indikator menganalisis argumen, mempertimbangkan keputusan, mengidentifikasi asumi, dan menentukan solusi dilakukan dengan mengidentifikasi permasalahan, menentukan proses penyelesaian, dan menuliskan kesimpulan dengan benar, pada indikator melakukan pembuktian dilakukan dengan mengidentifikasi permasalahan, menentukan proses penyelesaian, melakukan proses pembuktian, dan menuliskan kesimpulan yang kurang tepat; (3) peserta didik dengan gaya kognitif FD dapat menganalisis masalah secara logis, menyelesaikan masalah secara matematis, dan mengamati permasalahan dengan cukup baik, namun tidak dapat berpikir dengan pola abstrak, mengklasifikasikan data, dan menerapkan konsep dengan baik; (4) peserta didik dengan gaya kognitif FI dapat menganalisis masalah secara logis, berpikir dengan pola abstrak, menyelesaikan masalah secara matematis, mengklasifikasikan data, mengamati permasalahan, dan menerapkan konsep dengan baik. Kata kunci : Berpikir Kritis Matematis, Kecerdasan Logis Matematis, Gaya Kognitif

Item Type: Thesis (Pascasarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 06 Sep 2023 08:10
Last Modified: 06 Sep 2023 08:10
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10913

Actions (login required)

View Item View Item