INDEKS KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP PESERTA JAMINAN KESEHATAN NASIONAL (JKN) DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH SINGAPARNA MEDIKA CITRAUTAMA (SMC) KABUPATEN TASIKMALAYA TAHUN 2022

ALWIYANI, MUFIDAH (2023) INDEKS KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP PESERTA JAMINAN KESEHATAN NASIONAL (JKN) DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH SINGAPARNA MEDIKA CITRAUTAMA (SMC) KABUPATEN TASIKMALAYA TAHUN 2022. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (18kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (331kB)
[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (185kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (165kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (165kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (110kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (107kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (58kB)
[img] Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (43kB)
[img] Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (40kB)
[img] Text
DAFTAR SINGKATAN.pdf

Download (41kB)
[img] Text
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (127kB)
[img] Text
BAB 2 TINJAUAN PUSTAKA.pdf

Download (190kB)
[img] Text
BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf

Download (221kB)
[img] Text
BAB 4 HASIL PENELITIAN.pdf

Download (165kB)
[img] Text
BAB 5 PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (142kB)
[img] Text
BAB 6 KESIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (108kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (109kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (599kB)

Abstract

Kepuasan pasien adalah indikator yang paling penting dari kualitas perawatan dan dianggap sebagai hasil dari layanan Kesehatan, perlu disusun tabel dasar yang dapat mengukur kualitas pelayanan kesehatan yang valid, reliabel, dan komprehensif. Survei kepuasan pelanggan harus dilakukan dan wajib dilakukan oleh instansi publik pemerintah minimal satu tahun sekali. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui indeks kepuasan pasien rawat inap peserta JKN berdasarkan 9 unsur menurut PERMENPANRB No 14 Tahun 2017 di RSUD SMC Kab. Tasikmalaya pada Tahun 2022. Metode yang digunakan metode kuantitatif menggunakan cross sectional pada populasi pasien JKN Rawat Inap. Dari hasil analisis Indeks Kepuasan Masyarakat pada pasien JKN di instalasi Rawat Inap yang melibatkan 359 responden dalam kategori “Baik” dengan nilai total sebesar 86,61. Unsur Waktu Penyelesaian sebesar 92,339 merupakan Unsur yang tertinggi, sedangkan Unsur Penanganan, Pengaduan Saran dan Masukan sebesar 76,393 merupakan Unsur yang terendah. Hal ini menunjukan bahwa mutu pelayanan yang dilakukan oleh Rumah Sakit Umum Daerah Singaparna Medika Citrautama (SMC) dalam kategori B, sehingga kinerja pelayanannya dapat dikatakan “Baik”. RSUD SMC disarankan untuk memperbaiki mutu pelayanan RS dan penempatan kotak saran yang strategis di tiap kamar rawat inap agar mudah dilihat. Kata Kunci: Indeks Kepuasan Masyarakat, JKN, RSUD SMC

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 04 Sep 2023 04:00
Last Modified: 04 Sep 2023 04:00
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10895

Actions (login required)

View Item View Item