HARUN, MUHAMMAD (2021) PENGEMBANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN BERBASIS WEB UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK DI ERA NEW NORMAL. Pascasarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. Cover.pdf Download (83kB) |
|
Text
2. lembar pengesahan.pdf Download (298kB) |
|
Text
3. LP-LR-KP-DI.pdf Download (448kB) |
|
Text
4. Abstrak.pdf Download (126kB) |
|
Text
5. BAB I.pdf Download (105kB) |
|
Text
6. BAB II.pdf Download (269kB) |
|
Text
7. BAB III.pdf Download (174kB) |
|
Text
8. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (892kB) |
|
Text
9. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (137kB) |
|
Text
10. Daftar Pustaka.pdf Download (162kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi pembelajaran berbasis web dan mengetahui efektivitas penggunaan aplikasi pembelajaran berbasis web dalam meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik di era new normal. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Instrumen penelitian menggunakan wawancara, angket validasi ahli media dan ahli materi, angket respon peserta didik, serta soal tes hasil belajar matematika peserta didik. Hasil penelitian dideskripsikan tahapan pengembangan aplikasi pembelajaran berbasis web menggunakan model ADDIE adalah sebagai berikut : 1) Tahap analyze, diketahui bahwa di SMK Al-Ihya Selajambe dibutuhkan suatu aplikasi pembelajaran yang dapat memfasilitasi guru dan peserta didik dalam melakukan pembelajaran di era New Normal, 2) Tahap design dihasilkan flowchart prosedur pengembangan aplikasi pembelajaran berbasis web, rancangan pengembangan aplikasi pembelajaran berbasis web ,storyboard aplikasi pembelajaran berbasis web dan rencana aktivitas pembelajaran, 3) Tahap development dikembangkan aplikasi pembelajaran berbasis web sesuai rancangan pada tahap desain. Kemudian aplikasi pembelajaran divalidasi oleh 2 orang ahli media dengan hasil validasi berada pada kategori “baik”, dan divalidasi oleh 2 orang ahli materi dengan hasil validasi berada pada kategori “cukup”. Selanjutnya dilakukan uji coba kelompok kecil kepada 10 orang peserta didik kelas XII SMK Al-Ihya Selajambe dan uji coba kelompok besar kepada 24 orang peserta didik kelas XII SMK Al-Ihya Selajambe dengan hasil respon kedua subjek uji coba berada pada kategori “sangat baik”, 4) Tahap implementation dilakukan implementasi aplikasi pembelajaran berbasis web dengan aktivitas pembelajaran blended learning dan pemberian soal pretest-posttest hasil belajar matematika kepada 41 orang peserta didik kelas XII SMK Al-Ihya Selajambe, 5) Tahap evaluation diketahui bahwa aplikasi pembelajaran berbasis web dapat dikembangkan untuk memfasilitasi proses pembelajaran matematika peserta didik di era new normal. Selain itu, hasil perhitungan efektivitas menggunakan rumus effect size mendapatkan skor 2,94 berada kategori “strong effect”. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa aplikasi pembelajaran berbasis web dikembangkan untuk meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik melalui tahapan analyze, design, development, implementation, dan evaluation (ADDIE) dan mendapat respon yang sangat baik dari peserta didik. Selain itu juga disimpulkan bahwa penggunaan aplikasi pembelajaran berbasis web memiliki efektivitas yang kuat dalam meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik di era new normal. Kata Kunci : Aplikasi Pembelajaran, Hasil Belajar, New Normal
Item Type: | Thesis (Pascasarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 31 Aug 2023 05:40 |
Last Modified: | 31 Aug 2023 05:40 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10830 |
Actions (login required)
View Item |