PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS ANDROID UNTUK MENGEKSPLOR PENALARAN PROPORSIONAL PESERTA DIDIK

SUTRISNO, EKO (2022) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS ANDROID UNTUK MENGEKSPLOR PENALARAN PROPORSIONAL PESERTA DIDIK. Pascasarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
Cover.pdf

Download (82kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (210kB)
[img] Text
Pernyataan Keaslian Karya Ilmiah.pdf

Download (244kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (11kB)
[img] Text
Kata Pengantar - Datar Lampiran.pdf

Download (212kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (143kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (364kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (433kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (268kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Pandemi membawa dampak yang cukup besar dalam kehidupan manusia, begitupun pada dunia pendidikan. Kurangnya waktu dalam belajar, mengakibatkan peserta didik tidak maksimal dalam memahami materi pembelajaran yang diajarkan. Minimnya media pembelajaran yang ada ditambah lagi di MTs At Taubah Pesahangan Cimanggu seringkali terkendala sinyal internet yang kurang bagus, sehingga penulis berusaha memberikan solusi dengan mengembangkan multimedia yang dapat digunakan peserta didik untuk belajar secara mandiri di mana saja dan kapan saja. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran dalam bentuk multimedia interaktif berbasis android pada materi perbandingan untuk mengeksplor penalaran proporsional peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (research and development) dengan model ADDIE (Analize, Design, Development, Implement, Evaluation). Hasil penelitian yang dilakukan pada Kelas VIIC sebanyak 24 orang di MTs At Taubah ini menunjukkan bahwa media yang digunakan Sangat Layak berdasarkan validasi oleh ahli materi dengan skala 89% dan dari ahli media dengan skala 92%, serta berdasarkan angket respon peserta didik menunjukkan hasil yang Sangat Baik dengan skala 87%. Efektifitas media dalam mengeksplor penalaran proporsional peserta didik juga masuk kategori Sangat Tinggi, hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan Effect Size dengan skor 1,53. Jadi penggunaan media sangat efektif dalam mengeksplor penalaran proporsional peserta didik. Kata kunci: Multimedia Interaktif, Android, Penalaran Proporsional

Item Type: Thesis (Pascasarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 31 Aug 2023 01:03
Last Modified: 31 Aug 2023 01:03
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10822

Actions (login required)

View Item View Item