PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS GUIDED DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN TRACKER VIDEO ANALYSIS PADA MATERI KONSERVASI ENERGI MEKANIK

Rahman, Luthfi (2023) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS GUIDED DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN TRACKER VIDEO ANALYSIS PADA MATERI KONSERVASI ENERGI MEKANIK. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
Cover.pdf

Download (14kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (43kB)
[img] Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (38kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (10kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (70kB)
[img] Text
UCAPAN TERIMAKASIH.pdf

Download (136kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (51kB)
[img] Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (155kB)
[img] Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (69kB)
[img] Text
DAFTAR LAMPIRRAN.pdf

Download (89kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (150kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (184kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (463kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (737kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (16kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Lembar kerja peserta didik berbasis guided discovery learning berbantuan tracker video analysis pada materi konservasi energi mekanik dikembangkan untuk memberikan pengalaman terhadap pembelajaran fisika pada materi konservasi energi mekanik. Tujuan dari penelitian ini untuk menghasilkan produk berupa LKPD berbasis Guided Discovery berbantuan Tracker Video Analysis. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap; analyze (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi). Penelitian ini menggunakan data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif merupakan hasil dari lembar validasi dan angket respon peserta didik dan guru. Kemudian untuk data kualitatif berupa saran, komentar dan kritik dari validator mengenai pengembangan LKPD. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan observasi. Instrumen yang digunakan berupa lembar validasi kepada 3 validator, ahli media, ahli materi dan ahli bahasa. Penelitian ini dilaksanakan di SMAT Riyadhlul Ulum. Subjek penelitian adalah guru fisika dan siswa kelas X MIPA. Sampel terdiri dari 130 peserta didik yang diambil menggunakan simple random sampling dan 2 guru. Teknik analisis data menggunakanan statistik deskriptif untuk menentukan kevalidan dan kepraktisan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata validasi media sebesar 83% dan dikategorikan sangat valid, validasi materi sebesar 82% dan dikategorikan sangat valid dan validasi bahasa sebesar 77% dan dikategorikan valid. Hasil penilaian kepraktisan oleh peserta didik adalah 80% dengan kategori praktis dan oleh guru adalah 86% sangat praktis. Kata kunci: Research and Development, LKPD, validasi media, validasi materi, validasi bahasa, nilai kepraktisan

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 29 Aug 2023 03:14
Last Modified: 29 Aug 2023 03:14
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10786

Actions (login required)

View Item View Item