Rahman, Luthfi (2023) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS GUIDED DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN TRACKER VIDEO ANALYSIS PADA MATERI KONSERVASI ENERGI MEKANIK. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
Cover.pdf Download (14kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (43kB) |
|
Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (38kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (10kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (70kB) |
|
Text
UCAPAN TERIMAKASIH.pdf Download (136kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (51kB) |
|
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (155kB) |
|
Text
DAFTAR TABEL.pdf Download (69kB) |
|
Text
DAFTAR LAMPIRRAN.pdf Download (89kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (150kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Download (184kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Download (463kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (737kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (11kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (16kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Lembar kerja peserta didik berbasis guided discovery learning berbantuan tracker video analysis pada materi konservasi energi mekanik dikembangkan untuk memberikan pengalaman terhadap pembelajaran fisika pada materi konservasi energi mekanik. Tujuan dari penelitian ini untuk menghasilkan produk berupa LKPD berbasis Guided Discovery berbantuan Tracker Video Analysis. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap; analyze (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi). Penelitian ini menggunakan data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif merupakan hasil dari lembar validasi dan angket respon peserta didik dan guru. Kemudian untuk data kualitatif berupa saran, komentar dan kritik dari validator mengenai pengembangan LKPD. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan observasi. Instrumen yang digunakan berupa lembar validasi kepada 3 validator, ahli media, ahli materi dan ahli bahasa. Penelitian ini dilaksanakan di SMAT Riyadhlul Ulum. Subjek penelitian adalah guru fisika dan siswa kelas X MIPA. Sampel terdiri dari 130 peserta didik yang diambil menggunakan simple random sampling dan 2 guru. Teknik analisis data menggunakanan statistik deskriptif untuk menentukan kevalidan dan kepraktisan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata validasi media sebesar 83% dan dikategorikan sangat valid, validasi materi sebesar 82% dan dikategorikan sangat valid dan validasi bahasa sebesar 77% dan dikategorikan valid. Hasil penilaian kepraktisan oleh peserta didik adalah 80% dengan kategori praktis dan oleh guru adalah 86% sangat praktis. Kata kunci: Research and Development, LKPD, validasi media, validasi materi, validasi bahasa, nilai kepraktisan
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 29 Aug 2023 03:14 |
Last Modified: | 29 Aug 2023 03:14 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10786 |
Actions (login required)
View Item |