ANALISIS BEBAN BERLEBIH KENDARAAN TERHADAP KERUSAKAN JALAN PADA PERKERASAN LENTUR DI JALAN CISINGA KABUPATEN TASIKMALAYA

NURFADILA, VIRA (2023) ANALISIS BEBAN BERLEBIH KENDARAAN TERHADAP KERUSAKAN JALAN PADA PERKERASAN LENTUR DI JALAN CISINGA KABUPATEN TASIKMALAYA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. Halaman Judul.pdf

Download (40kB)
[img] Text
2. Lembar Pengesahan.pdf

Download (129kB)
[img] Text
3. Lembar Pernyataan Keaslian.pdf

Download (125kB)
[img] Text
4. Abstrak.pdf

Download (7kB)
[img] Text
5. Abstrack.pdf

Download (6kB)
[img] Text
6. Kata Pengantar.pdf

Download (75kB)
[img] Text
7. Daftar isi.pdf

Download (75kB)
[img] Text
8. Daftar Tabel.pdf

Download (3MB)
[img] Text
9. Daftar Gambar.pdf

Download (53kB)
[img] Text
10. Bab I.pdf

Download (141kB)
[img] Text
11. Bab II.pdf

Download (651kB)
[img] Text
12. Bab III.pdf

Download (222kB)
[img] Text
13. Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
14. Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img] Text
15. Daftar Pustaka.pdf

Download (67kB)

Abstract

Ruas Jalan Cisinga merupakan jalan yang terletak di sebelah utara Kabupaten Tasikmalaya yang banyak dilalui kendaraan berat muatan barang, sehingga berpotensi terjadinya pelanggaran muatan berlebih. Prasarana jalan yang terbebani oleh muatan berlebih secara berulang-ulang akan menyebabkan penurunan kualitas jalan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh muatan berlebih kendaraan terhadap kondisi jalan yang mencakup vehicle damage factor dan nilai kondisi permukaan jalan. Metode penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Penelitian terhadap kondisi permukaan jalan tersebut dilakukan dengan survei secara visual, artinya penelitian dilakukan dengan cara melihat dan menganalisis kerusakan berdasarkan jenis dan tingkat kerusakannya. Hasil penelitian menunjukkan muatan berlebih aktual yang terjadi di Jalan Cisinga menyebabkan peningkatan nilai VDF kumulatif sebesar 51%. Nilai kondisi permukaan jalan dengan metode PCI didapat nilai PCI rata-rata sebesar 33,2%. Klasifikasi pekerasan rating kondisi jalan metode PCI = Poor. Artinya kondisi jalan sangat diperlukan perhatian dan penanganan untuk perbaikan. Kata kunci : Beban berlebih, VDF, PCI

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 23 Aug 2023 04:22
Last Modified: 23 Aug 2023 04:22
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10712

Actions (login required)

View Item View Item