PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR, KESIAPAN BELAJAR DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI

SUSILAWATI, YULI (2023) PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR, KESIAPAN BELAJAR DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
01 Cover.pdf

Download (30kB)
[img] Text
02 Lembar pengesahan.pdf

Download (513kB)
[img] Text
03 Lembar pernyataan.pdf

Download (197kB)
[img] Text
04 Abstrak.pdf

Download (12kB)
[img] Text
05 ABSTRACT.pdf

Download (147kB)
[img] Text
06 Kata pengantar.pdf

Download (81kB)
[img] Text
07 Daftar isi.pdf

Download (210kB)
[img] Text
08 DAFTAR TABEL.pdf

Download (39kB)
[img] Text
09 DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (30kB)
[img] Text
10. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (36kB)
[img] Text
11 BAB 1.pdf

Download (328kB)
[img] Text
12 BAB 2.pdf

Download (370kB)
[img] Text
13 BAB 3.pdf

Download (854kB)
[img] Text
14 BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (662kB)
[img] Text
15 BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (193kB)
[img] Text
16 Daftar Pustaka.pdf

Download (423kB)
[img] Text
17 Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

YULI SUSILAWATI. 2023. PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR, KESIAPAN BELAJAR DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Survei pada siswa kelas X IPS SMAN 8 Tasikmalaya Semester Genap Tahun Ajaran 2022/2023). Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi, Tasikmalaya. Di bawah bimbingan Ai Nur Solihat, S.Pd., M.Pd dan Bakti Widyaningrum, S.Pd., M.Pd. Penelitian dilatarbelakangi oleh rendahnya prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kebiasaan belajar, kesiapan belajar dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar. Penelitian termasuk kedalam penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survei desain eksplanatori. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas X IPS yang berjumlah 212 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampel jenuh sehingga semua populasi dijadikan sampel. Data diperoleh dari penyebaran angket dan dianalisis menggunakan analisis regresi linear berganda dengan bantuan SPSS versi 23. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kebiasaan belajar berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap prestasi belajar dengan nilai signifikansi sebesar 0,000, kesiapan belajar berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap prestasi belajar dengan nilai signifikansi sebesar 0,000, lingkungan belajar berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap prestasi belajar dengan nilai signifikansi sebesar 0,000. Kemudian kebiasaan belajar, kesiapan belajar dan lingkungan belajar berpengaruh secara stimultan terhadap prestasi belajar dengan nilai fhitung > ftabel yaitu sebesar 38,209 > 3.04 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu kebiasaan belajar, kesiapan belajar dan lingkungan belajar berpengaruh secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa. Kata Kunci: Kebiasaan Belajar, Kesiapan Belajar, Lingkungan Belajar, Prestasi Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 24 Aug 2023 00:57
Last Modified: 24 Aug 2023 00:57
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10696

Actions (login required)

View Item View Item