SUSILAWATI, YULI (2023) PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR, KESIAPAN BELAJAR DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
01 Cover.pdf Download (30kB) |
|
Text
02 Lembar pengesahan.pdf Download (513kB) |
|
Text
03 Lembar pernyataan.pdf Download (197kB) |
|
Text
04 Abstrak.pdf Download (12kB) |
|
Text
05 ABSTRACT.pdf Download (147kB) |
|
Text
06 Kata pengantar.pdf Download (81kB) |
|
Text
07 Daftar isi.pdf Download (210kB) |
|
Text
08 DAFTAR TABEL.pdf Download (39kB) |
|
Text
09 DAFTAR GAMBAR.pdf Download (30kB) |
|
Text
10. DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (36kB) |
|
Text
11 BAB 1.pdf Download (328kB) |
|
Text
12 BAB 2.pdf Download (370kB) |
|
Text
13 BAB 3.pdf Download (854kB) |
|
Text
14 BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (662kB) |
|
Text
15 BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (193kB) |
|
Text
16 Daftar Pustaka.pdf Download (423kB) |
|
Text
17 Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
YULI SUSILAWATI. 2023. PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR, KESIAPAN BELAJAR DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Survei pada siswa kelas X IPS SMAN 8 Tasikmalaya Semester Genap Tahun Ajaran 2022/2023). Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi, Tasikmalaya. Di bawah bimbingan Ai Nur Solihat, S.Pd., M.Pd dan Bakti Widyaningrum, S.Pd., M.Pd. Penelitian dilatarbelakangi oleh rendahnya prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kebiasaan belajar, kesiapan belajar dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar. Penelitian termasuk kedalam penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survei desain eksplanatori. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas X IPS yang berjumlah 212 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampel jenuh sehingga semua populasi dijadikan sampel. Data diperoleh dari penyebaran angket dan dianalisis menggunakan analisis regresi linear berganda dengan bantuan SPSS versi 23. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kebiasaan belajar berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap prestasi belajar dengan nilai signifikansi sebesar 0,000, kesiapan belajar berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap prestasi belajar dengan nilai signifikansi sebesar 0,000, lingkungan belajar berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap prestasi belajar dengan nilai signifikansi sebesar 0,000. Kemudian kebiasaan belajar, kesiapan belajar dan lingkungan belajar berpengaruh secara stimultan terhadap prestasi belajar dengan nilai fhitung > ftabel yaitu sebesar 38,209 > 3.04 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu kebiasaan belajar, kesiapan belajar dan lingkungan belajar berpengaruh secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa. Kata Kunci: Kebiasaan Belajar, Kesiapan Belajar, Lingkungan Belajar, Prestasi Belajar
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 24 Aug 2023 00:57 |
Last Modified: | 24 Aug 2023 00:57 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10696 |
Actions (login required)
View Item |