PENGARUH PENYULUHAN PERSONAL SAFETY SKILLS DENGAN METODE READ ALOUD BUKU CERITA DIBANTU MEDIA POWER POINT TERHADAP PENGETAHUAN (Studi pada Murid Kelas III di SD Negeri 10 Ciamis Kabupaten Ciamis)

Susilawati, Susan (2019) PENGARUH PENYULUHAN PERSONAL SAFETY SKILLS DENGAN METODE READ ALOUD BUKU CERITA DIBANTU MEDIA POWER POINT TERHADAP PENGETAHUAN (Studi pada Murid Kelas III di SD Negeri 10 Ciamis Kabupaten Ciamis). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
Judul.pdf

Download (17kB)
[img] Text
abstrak dll.pdf

Download (268kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (97kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (148kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (219kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (94kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA susan.pdf

Download (188kB)

Abstract

Kekerasan seksual merupakan bentuk perilaku yang mendekati suatu hal yang berkaitan dengan seks yang tidak diinginkan. Kasus kekerasan seksual pada anak di Kabupaten Ciamis sangat mengkhawatirkan yaitu 14 kasus pada tahun 2017. Korban kekerasan seksual pada anak sebagian besar berada pada rentang umur 7-14 tahun. Tingginya kasus kekerasan seksual pada anak perlu adanya upaya pencegahan. Salah satu upaya pencegahan kekerasan seksual pada anak dapat dilakukan dengan memberikan pengetahuan tentang personal safety skills. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh penyuluhan personal safety skills dengan metode read aloud buku cerita dibantu media power point terhadap pengetahuan murid kelas III SD Negeri 10 Ciamis sebanyak 33 orang. Jenis penelitian ini adalah quasi-experimental dengan rancangan penelitian one group time series design. Pengolahan data pada penelitian ini menggunakan paired t-test dan uji Wilcoxon. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai rata-rata pre test = 11,14, rata-rata post test 1 = 13,46, ratarata post test 2 = 15,54, dan rata-rata post test 3 = 17,00. Hasil uji statistik menunjukkan ada perbedaan pengetahuan siswa yang signifikan dengan nilai p = 0,000 (p<0,05), maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penyuluhan personal safety skills dengan metode read aloud buku cerita dibantu media power point terhadap pengetahuan murid. Kata Kunci : Read Aloud, Pengetahuan, Personal Safety Skills Kepustakaan : 2002-2018

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 20 Sep 2019 03:40
Last Modified: 20 Sep 2019 03:40
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/1069

Actions (login required)

View Item View Item