PROFIL RANAH KOGNITIF MATERI SISTEM EKSKRESI BERDASARKAN GAYA BELAJAR SISWA DI KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 BAREGBEG CIAMIS

NURJANAH, ALIYAH (2023) PROFIL RANAH KOGNITIF MATERI SISTEM EKSKRESI BERDASARKAN GAYA BELAJAR SISWA DI KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 BAREGBEG CIAMIS. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (211kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (253kB)
[img] Text
3. PERNYATAAN.pdf

Download (213kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (187kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (107kB)
[img] Text
6. UCAPAN TERIMAKASIH.pdf

Download (368kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (309kB)
[img] Text
8. BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (317kB)
[img] Text
9. BAB 2 TINJAUAN TEORITIS.pdf

Download (638kB)
[img] Text
10. BAB 3 PROSEDUR PENELITIAN.pdf

Download (746kB)
[img] Text
11. BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (385kB)
[img] Text
12. BAB 5 SIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (187kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (431kB)
[img] Text
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil ranah kognitif siswa dalam pembelajaran biologi mengenai materi sistem ekskresi di kelas XI IPS 1 SMAN 1 Baregbeg Ciamis. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Data diperoleh dari hasil instrumen kuesioner gaya belajar sebanyak 16 pertanyaan dengan 4 opsi, instrumen hasil belajar sebanyak 35 butir soal pilihan ganda mengenai materi sistem ekskresi yang dikerjakan oleh 34 siswa kelas XI IPS 1. Untuk melengkapi data dilakukan wawancara dengan guru biologi dan beberapa siswa dengan perolehan skor tertinggi dan terendah. Tes hasil belajar mencakup indikator dalam ranah kognitif yaitu dimensi pengetahuan K1-K3 dan dimensi proses kognitif yaitu C1-C5. Data dianalilis melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh data yaitu pada gaya belajar visual cenderung tinggi ranah kognitifnya pada soal K1C1 dan rendah pada K3C5. Auditori cenderung tinggi pada K1C2 dan rendah pada K2C3. Kinestetik cenderung tinggi pada K3C3 dan rendah pada K2C5. Visual auditori cenderung tinggi pada K2C2 dan rendah pada K3C5. Auditori kinestetik cenderung tinggi pada K2C2 dan rendah pada K3C5. Auditori read/write cenderung tinggi pada K3C2 dan rendah pada K2C4. Dan yang terakhir, visual read/write cenderung tinggi pada K1C2 dan rendah pada K3C5. Kata kunci : profil ranah kognitif, gaya belajar, sistem ekskresi

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 22 Aug 2023 08:21
Last Modified: 22 Aug 2023 08:21
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10680

Actions (login required)

View Item View Item