MULYANI, DILA AULIA (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS KEBUDAYAAN LOKAL BERBANTUAN ANYFLIP UNTUK MELATIH KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS PESERTA DIDIK. Pascasarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
01 COVER-1.pdf Download (83kB) |
|
Text
02 LEMBAR PENGESAHAN-2.pdf Download (84kB) |
|
Text
03 LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (73kB) |
|
Text
04 ABSTRAK.pdf Download (106kB) |
|
Text
05 ABSTRACT.pdf Download (13kB) |
|
Text
06 KATA PENGANTAR.pdf Download (185kB) |
|
Text
07 DAFTAR ISI-1.pdf Download (154kB) |
|
Text
08 DAFTAR TABEL-1.pdf Download (137kB) |
|
Text
09 DAFTAR GAMBAR-1.pdf Download (140kB) |
|
Text
10 DAFTAR LAMPIRAN-1.pdf Download (135kB) |
|
Text
11 BAB I-1.pdf Download (105kB) |
|
Text
12 BAB II-1.pdf Download (300kB) |
|
Text
13 BAB III-1.pdf Download (639kB) |
|
Text
14 BAB IV-1.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
15 BAB V-1.pdf Restricted to Repository staff only Download (74kB) |
|
Text
16 DAFTAR PUSTAKA-1.pdf Download (141kB) |
|
Text
17 LAMPIRAN-1.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berbasis kebudayaan lokal berbantuan anyflip untuk melatih kemampuan literasi matematis peserta didik serta untuk menganalisis dan mendeskripsikan kualitas efektivitas kemampuan literasi matematis peserta didik setelah menggunakan bahan ajar berbasis kebudayaan lokal. Subjek dalam penelitian ini adalah, 2 orang ahli media, 2 orang ahli materi, dan 25 orang peserta didik kelas X DKV 1 SMKN 1 Tasikmalaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian dan pengembangan (Research & Development) dengan model pengembangan ADDIE yang melalui beberapa tahap yaitu Analysis, Design, Develop, Implementation, and Evaluation untuk mendapatkan produk yang valid dan layak digunakan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi, angket, wawancara, dan tes kemampuan literasi matematis. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli media, angket respon pengguna, dan soal tes kemampuan literasi matematis. Semua instrumen yang digunakan dalam penelitian ini sudah dinyatakan layak. Berdasarkan hasil penelitian, pada tahap analisys diperoleh informasi bahwa bahan ajar yang digunakan oleh guru masih berupa buku paket dan LKS yang tidak semua peserta didik memilikinya, tidak sedikit peserta didik masih kesulitan dalam mengerjakan soal system persamaan linear tiga variable (SPLTV), serta sebagian besar peserta didik masih banyak yang belum mengetahui mengenai kebudayaan lokal Tasikmalaya. Pada tahap design, peneliti membuat flowchart, storyboard, serta mempersiapkan data yang lainnya. Pada tahap development, dihasilkan bahan ajar berbasis kebudayaan lokal yang berdasarkan penilaian dari para ahli memperoleh kategori valid sehingga dapat digunakan. Pada tahap implementation, diperoleh respon peserta didik terhadap bahan ajar yang memperoleh kategori “baik” dan respon guru terhadap bahan ajar yang memperoleh kategori “baik”. Pada tahap evaluation, diperoleh nilai rata-rata posttest lebih besar dari nilai rata-rata pretest. Hasil uji effect size (ES) memperoleh nilai 1.44 dengan kategori “strong effect”. Bahan ajar yang dikembangkan dapat digunakan sebagai sumber belajar yang dapat melatih kemampuan literasi matematis. Kata kunci: Bahan Ajar, Kebudayaan Lokal, Anyflip, Kemampuan Literasi Matematis
Item Type: | Thesis (Pascasarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 21 Aug 2023 07:48 |
Last Modified: | 21 Aug 2023 07:48 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10671 |
Actions (login required)
View Item |