JANNAH, ARINI RAUDHATUL (2023) INDONESIAN EFL STUDENTS’ SPEAKING ANXIETY: AN ECOLOGICAL CASE STUDY. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
01. COVER.pdf Download (208kB) |
|
Text
02. APPROVAL SHEET.pdf Download (264kB) |
|
Text
03. PERNYATAAN.pdf Download (193kB) |
|
Text
04. ABSTRAK.pdf Download (173kB) |
|
Text
05. PREFACE.pdf Download (120kB) |
|
Text
06. ACKNOWLEDGEMENT.pdf Download (173kB) |
|
Text
07. TABLE OF CONTENTS, PICTURE LIST, TABLE LIST, ENCLOSURES LIST.pdf Download (130kB) |
|
Text
08. CHAPTER 1.pdf Download (133kB) |
|
Text
09. CHAPTER 2.pdf Download (154kB) |
|
Text
10. CHAPTER 3.pdf Download (190kB) |
|
Text
11. CHAPTER 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (282kB) |
|
Text
12. CHAPTER 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (124kB) |
|
Text
13. REFERENCES.pdf Download (186kB) |
|
Text
14. ENCLOSURES.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk menyelidiki faktor-faktor penyebab kecemasan berbicara Bahasa Inggris dari perspektif ekologi. Penelitian ini difokuskan pada faktor yang berhubungan dengan lingkungan kelas karena merupakan faktor yang paling berpengaruh dan paling dekat interaksinya dengan siswa. Penelitian ini menggunakan desain studi kasus deskriptif dan dianalisis dengan analisis data kualitatif dari Miles dan Huberman (2014). Wawancara semi terstruktur sebagai sumber data utama, 4 siswa SMA di Ciamis. P1 dan P2 merupakan siswa dengan tingkat kecemasan tinggi dan P3 dan P4 merupakan siswa dengan tingkat kecemasan rendah yang digolongkan berdasarkan hasil kuisioner. Berdasarkan penelitian ini ditemukan bahwa hubungan timbal balik antara siswa dengan lingkungannya menghasilkan faktor berikut (1) mikrosistem seperti keyakinan dan motivasi siswa, faktor linguistik, faktor kognitif, faktor afektif, dan lingkungan kelas dan (2) mesosistem seperti pengalaman belajar siswa masa lalu dikonfirmasi adalah faktor yang berpengaruh dalam meningkatkan kecemasan berbicara siswa. Penelitian ini melaporkan faktor-faktor penyebab kecemasan berbicara bahasa Inggris siswa tersebut dilihat dari sudut pandang ekologi serta saran bagi para guru bahasa Inggris untuk lebih memperhatikan masalah tersebut dan mencari solusi yang tepat Kata Kunci: Kecemasan Berbicara Siswa EFL, Studi Ekologi, Public Speaking.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | K Law > KD England and Wales |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 18 Aug 2023 07:46 |
Last Modified: | 18 Aug 2023 07:46 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10652 |
Actions (login required)
View Item |