INDONESIAN EFL STUDENTS’ SPEAKING ANXIETY: AN ECOLOGICAL CASE STUDY

JANNAH, ARINI RAUDHATUL (2023) INDONESIAN EFL STUDENTS’ SPEAKING ANXIETY: AN ECOLOGICAL CASE STUDY. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (208kB)
[img] Text
02. APPROVAL SHEET.pdf

Download (264kB)
[img] Text
03. PERNYATAAN.pdf

Download (193kB)
[img] Text
04. ABSTRAK.pdf

Download (173kB)
[img] Text
05. PREFACE.pdf

Download (120kB)
[img] Text
06. ACKNOWLEDGEMENT.pdf

Download (173kB)
[img] Text
07. TABLE OF CONTENTS, PICTURE LIST, TABLE LIST, ENCLOSURES LIST.pdf

Download (130kB)
[img] Text
08. CHAPTER 1.pdf

Download (133kB)
[img] Text
09. CHAPTER 2.pdf

Download (154kB)
[img] Text
10. CHAPTER 3.pdf

Download (190kB)
[img] Text
11. CHAPTER 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (282kB)
[img] Text
12. CHAPTER 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (124kB)
[img] Text
13. REFERENCES.pdf

Download (186kB)
[img] Text
14. ENCLOSURES.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menyelidiki faktor-faktor penyebab kecemasan berbicara Bahasa Inggris dari perspektif ekologi. Penelitian ini difokuskan pada faktor yang berhubungan dengan lingkungan kelas karena merupakan faktor yang paling berpengaruh dan paling dekat interaksinya dengan siswa. Penelitian ini menggunakan desain studi kasus deskriptif dan dianalisis dengan analisis data kualitatif dari Miles dan Huberman (2014). Wawancara semi terstruktur sebagai sumber data utama, 4 siswa SMA di Ciamis. P1 dan P2 merupakan siswa dengan tingkat kecemasan tinggi dan P3 dan P4 merupakan siswa dengan tingkat kecemasan rendah yang digolongkan berdasarkan hasil kuisioner. Berdasarkan penelitian ini ditemukan bahwa hubungan timbal balik antara siswa dengan lingkungannya menghasilkan faktor berikut (1) mikrosistem seperti keyakinan dan motivasi siswa, faktor linguistik, faktor kognitif, faktor afektif, dan lingkungan kelas dan (2) mesosistem seperti pengalaman belajar siswa masa lalu dikonfirmasi adalah faktor yang berpengaruh dalam meningkatkan kecemasan berbicara siswa. Penelitian ini melaporkan faktor-faktor penyebab kecemasan berbicara bahasa Inggris siswa tersebut dilihat dari sudut pandang ekologi serta saran bagi para guru bahasa Inggris untuk lebih memperhatikan masalah tersebut dan mencari solusi yang tepat Kata Kunci: Kecemasan Berbicara Siswa EFL, Studi Ekologi, Public Speaking.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: K Law > KD England and Wales
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 18 Aug 2023 07:46
Last Modified: 18 Aug 2023 07:46
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10652

Actions (login required)

View Item View Item