AULIA, QISTI SHOFFA (2023) HUBUNGAN ANTARA KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB (Studi terhadap Santri di Pondok Pesantren Nashrul Haq Al-Islamy Sukarindik, Kota Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (224kB) |
|
Text
2. PENGESAHAN.pdf Download (268kB) |
|
Text
3. PENGUJI.pdf Download (247kB) |
|
Text
4. PERNYATAAN.pdf Download (254kB) |
|
Text
5. ABSTRAK.pdf Download (190kB) |
|
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf Download (284kB) |
|
Text
7. MOTTO DAN PERSEMBAHAN.pdf Download (356kB) |
|
Text
8. UCAPAN TERIMAKASIH.pdf Download (296kB) |
|
Text
9. DAFTAR ISI.pdf Download (192kB) |
|
Text
10. DAFTAR TABEL.pdf Download (186kB) |
|
Text
11. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (181kB) |
|
Text
12. DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (182kB) |
|
Text
13. BAB I.pdf Download (310kB) |
|
Text
14. BAB II.pdf Download (414kB) |
|
Text
15. BAB III.pdf Download (517kB) |
|
Text
16. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (584kB) |
|
Text
17. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (186kB) |
|
Text
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (400kB) |
|
Text
19. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Dalam kegiatan belajar seorang individu sebagai pelaku dalam penentu keberhasilan belajar dalam suatu proses pembelajaran. Hasil belajar akan kurang maksimal apabila tidak adanya kesadaran, kemauan dan keterlibatan siswa dalam belajar. Sebagai seorang siswa harus bisa mempertanggung jawabkan apa yang telah dikerjakannya dan tidak bergantung kepada orang lain dalam mengerjakan tugas, maka setiap siswa harus memiliki sikap kemandirian belajar. Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui : 1) Hubungan kemandirian belajar dengan hasil belajar bahasa arab Pondok Pesantren Nashrul Haq Al-Islamy, 2) Kemandirian belajar di Pondok Pesantren Nashrul Haq Al-Islamy, 3) Hasil belajar bahasa arab Pondok Pesantren Nashrul Haq Al-Islamy. Pendekatan kuantitatif digunakan dalam penelitian ini, Adapun jenis dari penelitian ini yaitu korelasional. Penelitian ini melibatkan sampel yang berjumlah 49 santri. Data kemudian dikumpulkan menggunakan instrument penelitian berupa angket. Dari 30 butir pernyataan yangdiuji terlebih dahulu, hanya 20 pernyataan yang bisa dinyatakan valid dengan nilai reliabilitas 0,814. Hasil penelitian terhadap peserta didik di Pondok Pesantren Nashrul Haq Al-Islamy menunjukan kemandirian belajar berada pada hasil yang tinggi yaitu 80 sedangkan Hasil Belajar berada pada kategori sedang yaitu 79. Hubungan dan signifikan antara kemandirian belajar dengan hasil belajar bahasa arab santri di Pondok Pesantren Nashrul Haq Al-Islamy ini berada dalam kategori sangat rendah. Hal ini bahwa nilai korelasi yaitu 0,047 dan nilai signifikasi sebesar 0, 747 yang berarti lebih dari 0,05 (0,747>0,05). Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka H1 dalam penelitian ini ditolak. Dengan demikian tdak adanya hubungan yang signifikan antara kemandirian belajar dengan hasil belajar bahasa arab di Pondok Pesantren Nashrul Haq Al�Islamy. Kata Kunci: Kemandirian Belajar, Hasil Belajar, Santri
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Masyarakat |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 16 Aug 2023 03:47 |
Last Modified: | 16 Aug 2023 03:47 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10619 |
Actions (login required)
View Item |