HUBUNGAN ANTARA KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB (Studi terhadap Santri di Pondok Pesantren Nashrul Haq Al-Islamy Sukarindik, Kota Tasikmalaya)

AULIA, QISTI SHOFFA (2023) HUBUNGAN ANTARA KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB (Studi terhadap Santri di Pondok Pesantren Nashrul Haq Al-Islamy Sukarindik, Kota Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (224kB)
[img] Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (268kB)
[img] Text
3. PENGUJI.pdf

Download (247kB)
[img] Text
4. PERNYATAAN.pdf

Download (254kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (190kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (284kB)
[img] Text
7. MOTTO DAN PERSEMBAHAN.pdf

Download (356kB)
[img] Text
8. UCAPAN TERIMAKASIH.pdf

Download (296kB)
[img] Text
9. DAFTAR ISI.pdf

Download (192kB)
[img] Text
10. DAFTAR TABEL.pdf

Download (186kB)
[img] Text
11. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (181kB)
[img] Text
12. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (182kB)
[img] Text
13. BAB I.pdf

Download (310kB)
[img] Text
14. BAB II.pdf

Download (414kB)
[img] Text
15. BAB III.pdf

Download (517kB)
[img] Text
16. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (584kB)
[img] Text
17. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[img] Text
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (400kB)
[img] Text
19. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Dalam kegiatan belajar seorang individu sebagai pelaku dalam penentu keberhasilan belajar dalam suatu proses pembelajaran. Hasil belajar akan kurang maksimal apabila tidak adanya kesadaran, kemauan dan keterlibatan siswa dalam belajar. Sebagai seorang siswa harus bisa mempertanggung jawabkan apa yang telah dikerjakannya dan tidak bergantung kepada orang lain dalam mengerjakan tugas, maka setiap siswa harus memiliki sikap kemandirian belajar. Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui : 1) Hubungan kemandirian belajar dengan hasil belajar bahasa arab Pondok Pesantren Nashrul Haq Al-Islamy, 2) Kemandirian belajar di Pondok Pesantren Nashrul Haq Al-Islamy, 3) Hasil belajar bahasa arab Pondok Pesantren Nashrul Haq Al-Islamy. Pendekatan kuantitatif digunakan dalam penelitian ini, Adapun jenis dari penelitian ini yaitu korelasional. Penelitian ini melibatkan sampel yang berjumlah 49 santri. Data kemudian dikumpulkan menggunakan instrument penelitian berupa angket. Dari 30 butir pernyataan yangdiuji terlebih dahulu, hanya 20 pernyataan yang bisa dinyatakan valid dengan nilai reliabilitas 0,814. Hasil penelitian terhadap peserta didik di Pondok Pesantren Nashrul Haq Al-Islamy menunjukan kemandirian belajar berada pada hasil yang tinggi yaitu 80 sedangkan Hasil Belajar berada pada kategori sedang yaitu 79. Hubungan dan signifikan antara kemandirian belajar dengan hasil belajar bahasa arab santri di Pondok Pesantren Nashrul Haq Al-Islamy ini berada dalam kategori sangat rendah. Hal ini bahwa nilai korelasi yaitu 0,047 dan nilai signifikasi sebesar 0, 747 yang berarti lebih dari 0,05 (0,747>0,05). Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka H1 dalam penelitian ini ditolak. Dengan demikian tdak adanya hubungan yang signifikan antara kemandirian belajar dengan hasil belajar bahasa arab di Pondok Pesantren Nashrul Haq Al�Islamy. Kata Kunci: Kemandirian Belajar, Hasil Belajar, Santri

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Masyarakat
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 16 Aug 2023 03:47
Last Modified: 16 Aug 2023 03:47
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10619

Actions (login required)

View Item View Item