PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGANALISIS STRUKTUR DAN KEBAHASAAN TEKS EKSPLANASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas XI MIPA 6 SMA Negeri 9 Garut Tahun Ajaran 2021/2022)

Nuraeni, Neng Sania (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGANALISIS STRUKTUR DAN KEBAHASAAN TEKS EKSPLANASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas XI MIPA 6 SMA Negeri 9 Garut Tahun Ajaran 2021/2022). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (82kB)
[img] Text
2. Lembar Pengesahan.pdf

Download (147kB)
[img] Text
3. Lembar Pernyataan.pdf

Download (218kB)
[img] Text
4. Abstrak.pdf

Download (56kB)
[img] Text
5. Kata Pengantar.pdf

Download (160kB)
[img] Text
6. Daftar Isi.pdf

Download (62kB)
[img] Text
7. Daftar Gambar.pdf

Download (52kB)
[img] Text
8. Daftar Tabel.pdf

Download (118kB)
[img] Text
9. Daftar Grafik.pdf

Download (52kB)
[img] Text
10. Daftar Lampiran.pdf

Download (118kB)
[img] Text
11. BAB I.pdf

Download (155kB)
[img] Text
12. BAB II.pdf

Download (266kB)
[img] Text
13. BAB III.pdf

Download (248kB)
[img] Text
14. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (522kB)
[img] Text
15. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (63kB)
[img] Text
16. Daftar Pustaka.pdf

Download (61kB)
[img] Text
17. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peserta didik yang belum mampu untuk mencapai Standar Ketuntasan Belajar Minimal (SKBM) yang telah ditetapkan. Permasalahan yang menyebabkan ketidakmampuan peserta didik dalam menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksplanasi yaitu cara belajar peserta didik yang cenderung individual, serta kurangnya stimulus dan motivasi belajar peserta didik saat proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dapat atau tidaknya model pembelajaran Discovery Learning meningkatkan kemampuan menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksplansi pada peserta didik kelas XI MIPA 6 SMA Negeri 9 Garut tahun ajaran 2021/2022. Metode penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan yaitu teknik observasi, teknik tes, dan teknik angket. Berdasarkan hasil pengolahan data yang telah dilakukan, terdapat peningkatan hasil belajar yang signifikan dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I dalam menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksplanasi, peserta didik yang telah mencapai SKBM sebanyak 22 orang (65%), dan peserta didik yang memperoleh nilai di bawah SKBM sebanyak 12 orang (35%), sedangkan pada siklus II seluruh peserta didik sebanyak 34 orang telah 100% mencapai nilai SKBM. Hasil uji statistik diketahui bahwa nilai W hitung lebih kecil daripada nilai W tabel dalam tahap signifikansi 0,01 dan 0,05. Artinya data hasil menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksplanasi siklus II lebih baik daripada data hasil menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksplanasi siklus I. Data tersebut menunjukkan bahwa hipotesis yang penulis ajukan dalam penelitian ini terbukti dan dapat diterima. Artinya model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksplanasi pada peserta didik kelas XI MIPA 6 SMA Negeri 9 Garut tahun ajaran 2021/2022

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 15 Aug 2023 05:03
Last Modified: 15 Aug 2023 05:03
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10584

Actions (login required)

View Item View Item