Nuraeni, Neng Sania (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGANALISIS STRUKTUR DAN KEBAHASAAN TEKS EKSPLANASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas XI MIPA 6 SMA Negeri 9 Garut Tahun Ajaran 2021/2022). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. Cover.pdf Download (82kB) |
|
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf Download (147kB) |
|
Text
3. Lembar Pernyataan.pdf Download (218kB) |
|
Text
4. Abstrak.pdf Download (56kB) |
|
Text
5. Kata Pengantar.pdf Download (160kB) |
|
Text
6. Daftar Isi.pdf Download (62kB) |
|
Text
7. Daftar Gambar.pdf Download (52kB) |
|
Text
8. Daftar Tabel.pdf Download (118kB) |
|
Text
9. Daftar Grafik.pdf Download (52kB) |
|
Text
10. Daftar Lampiran.pdf Download (118kB) |
|
Text
11. BAB I.pdf Download (155kB) |
|
Text
12. BAB II.pdf Download (266kB) |
|
Text
13. BAB III.pdf Download (248kB) |
|
Text
14. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (522kB) |
|
Text
15. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (63kB) |
|
Text
16. Daftar Pustaka.pdf Download (61kB) |
|
Text
17. Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peserta didik yang belum mampu untuk mencapai Standar Ketuntasan Belajar Minimal (SKBM) yang telah ditetapkan. Permasalahan yang menyebabkan ketidakmampuan peserta didik dalam menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksplanasi yaitu cara belajar peserta didik yang cenderung individual, serta kurangnya stimulus dan motivasi belajar peserta didik saat proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dapat atau tidaknya model pembelajaran Discovery Learning meningkatkan kemampuan menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksplansi pada peserta didik kelas XI MIPA 6 SMA Negeri 9 Garut tahun ajaran 2021/2022. Metode penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan yaitu teknik observasi, teknik tes, dan teknik angket. Berdasarkan hasil pengolahan data yang telah dilakukan, terdapat peningkatan hasil belajar yang signifikan dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I dalam menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksplanasi, peserta didik yang telah mencapai SKBM sebanyak 22 orang (65%), dan peserta didik yang memperoleh nilai di bawah SKBM sebanyak 12 orang (35%), sedangkan pada siklus II seluruh peserta didik sebanyak 34 orang telah 100% mencapai nilai SKBM. Hasil uji statistik diketahui bahwa nilai W hitung lebih kecil daripada nilai W tabel dalam tahap signifikansi 0,01 dan 0,05. Artinya data hasil menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksplanasi siklus II lebih baik daripada data hasil menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksplanasi siklus I. Data tersebut menunjukkan bahwa hipotesis yang penulis ajukan dalam penelitian ini terbukti dan dapat diterima. Artinya model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksplanasi pada peserta didik kelas XI MIPA 6 SMA Negeri 9 Garut tahun ajaran 2021/2022
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 15 Aug 2023 05:03 |
Last Modified: | 15 Aug 2023 05:03 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10584 |
Actions (login required)
View Item |