ANALISIS MISKONSEPSI PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL MODEL AKM PADA MATERI BANGUN DATAR SEGIEMPAT

DEWI, AYU KANIA (2023) ANALISIS MISKONSEPSI PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL MODEL AKM PADA MATERI BANGUN DATAR SEGIEMPAT. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (82kB)
[img] Text
2. Lembar pengesahan.pdf

Download (60kB)
[img] Text
3. Lembar Penguji.pdf

Download (81kB)
[img] Text
4. Lembar Pernyataan.pdf

Download (50kB)
[img] Text
5. Abstrak.pdf

Download (8kB)
[img] Text
6. Kata Pengantar.pdf

Download (113kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (60kB)
[img] Text
8. BAB I.pdf

Download (158kB)
[img] Text
9. BAB II.pdf

Download (840kB)
[img] Text
10. BAB III.pdf

Download (213kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (710kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (146kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis miskonsepsi peserta didik dalam menyelesaikan soal model AKM pada materi bangun datar segiempat dan mendeskripsikan faktor-faktor yang menyebabkan miskonsepsi peserta didik dalam menyelesaikan soal model AKM pada materi bangun datar segiempat. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek dalam penelitian ini yaitu peserta didik dari kelas VIII-D di SMP Negeri 20 Tasikmalaya berdasarkan hasil pengerjaan peserta didik yang memberikan respon yakin pada tabel Three Tier Test tetapi jawaban yang diberikan salah. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melaksanakan tes soal model AKM pada materi bangun datar segiempat yang disertai dengan tabel respon Three Tier Test dan wawancara. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu dengan memberikan tes soal model AKM pada materi bangun datar segiempat, dilanjutkan dengan mewawancarai peserta didik untuk mengetahui lebih dalam mengenai faktor penyebab miskonsepsi peserta didik dalam menyelesaikan soal model AKM pada materi bangun datar segiempat. Berdasarkan analisis data dalam penelitian ini terdapat tiga peserta didik yang mengalami miskonsepsi yaitu S4 mengalami miskonsepsi klasifikasi, miskonsepsi korelasional, dan miskonsepsi teoritikal dengan faktor penyebab miskonsepsinya adalah intuisi yang salah. S16 mengalami miskonsepsi korelasional dan miskonsepsi teoritikal dengan faktor penyebab miskonsepsinya adalah intuisi yang salah. S25 mengalami miskonsepsi klasifikasi dan miskonsepsi teoritikal dengan faktor penyebab miskonsepsinya adalah penalaran yang tidak lengkap/salah. Kata kunci: Analisis Miskonsepsi, Asesmen Kompetensi Minimum, Faktor Penyebab Miskonsepsi

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 15 Aug 2023 05:02
Last Modified: 15 Aug 2023 05:02
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10578

Actions (login required)

View Item View Item