LEARNING ENGLISH VOCABULARY THROUGH ELECTRONIC FLASHCARDS: INSIGHT FROM THE JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS’ PERCEPTIONS

HALIDAZIA, DEVIANA (2023) LEARNING ENGLISH VOCABULARY THROUGH ELECTRONIC FLASHCARDS: INSIGHT FROM THE JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS’ PERCEPTIONS. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (181kB)
[img] Text
2. APPROVAL SHEET.pdf

Download (185kB)
[img] Text
3. APPROVAL SHEET.pdf

Download (169kB)
[img] Text
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (161kB)
[img] Text
5. ABSTRACT.pdf

Download (245kB)
[img] Text
6. PREFACE.pdf

Download (175kB)
[img] Text
7. ACKNOWLEDGEMENT.pdf

Download (199kB)
[img] Text
8. LIST OF CONTENTS.pdf

Download (233kB)
[img] Text
9. CHAPTER 1.pdf

Download (144kB)
[img] Text
10. CHAPTER 2.pdf

Download (240kB)
[img] Text
11. CHAPTER 3.pdf

Download (278kB)
[img] Text
12. CHAPTER 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (276kB)
[img] Text
13. CHAPTER 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (138kB)
[img] Text
14. REFERENCES.pdf

Download (207kB)
[img] Text
15. ENCLOSURES.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (951kB)

Abstract

Di Indonesia, bahasa Inggris merupakan bahasa asing, sehingga menguasai bahasa Inggris masih dianggap sulit. Dalam mempelajari bahasa Inggris, pengenalan kata atau pengetahuan kosakata diyakini sebagai hal yang harus dikuasai terlebih dahulu karena dapat mempengaruhi kemampuan lainnya seperti mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis. Di masa kini, ketika teknologi menjadi bagian besar dalam pembelajaran, electronic flashcards dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran kosakata. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa SMP terhadap penggunaan electronic flashcards sebagai media pembelajaran kosakata. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus deskriptif. Partisipan terdiri dari 6 siswa disalah satu Sekolah Menengah Pertama Tasikmalaya. Pengumpulan data penelitian menggunakan wawancara semi terstruktur. Data analisis menggunakan analisis tematik (Braun & Clarke, 2006). Hasil penelitian menunjukan, terdapat dua tema yang menjadi temuan dalam penelitian ini, yaitu persepsi positif dan persepsi negatif. Persepsi positif meliputi kelebihan electronic flashcards dalam pembelajaran kosakata, yaitu; (1) meningkatkan motivasi siswa dalam mempelajari kosakata Bahasa Inggris; dan (2) meningkatkan penguasaan kosakata siswa. Sedangkan persepsi negatif meliputi kekurangan dari media pembelajaran yang digunakan, yaitu; (1) penggunaan media pembelajaran yang menerus; dan (2) masalah teknis. Dengan demikian, guru dapat mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan dari electronic flashcards sebagai acuan untuk meningkatkan penguasaan kosakata siswa, dan proses belajar mengajar kosakata Bahasa Inggris. Kata kunci: Electronic flashcards, persepsi, penguasaan kosakata, pembelajaran Bahasa Inggris

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: K Law > KD England and Wales
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 15 Aug 2023 05:02
Last Modified: 15 Aug 2023 05:02
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10573

Actions (login required)

View Item View Item