EXPLORING TEACHING STRATEGIES IN EFL READING CLASSROOM: AN INDONESIAN TEACHER’S VOICE

DEWI, REVI SILVIA (2023) EXPLORING TEACHING STRATEGIES IN EFL READING CLASSROOM: AN INDONESIAN TEACHER’S VOICE. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (239kB)
[img] Text
2. APPROVAL SHEET.pdf

Download (323kB)
[img] Text
3. PERNYATAAN.pdf

Download (209kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (217kB)
[img] Text
5. PREFACE.pdf

Download (147kB)
[img] Text
6. ACKNOWLEDGEMENTS.pdf

Download (159kB)
[img] Text
7. TABLE OF CONTENTS.pdf

Download (264kB)
[img] Text
8. CHAPTER 1.pdf

Download (226kB)
[img] Text
9. CHAPTER 2.pdf

Download (266kB)
[img] Text
10. CHAPTER 3.pdf

Download (225kB)
[img] Text
11. CHAPTER 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (277kB)
[img] Text
12. CHAPTER 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB)
[img] Text
13. REFERENCES.pdf

Download (235kB)
[img] Text
14. ENCLOSURES.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Mengajar membaca di kelas EFL adalah aspek penting dari proses pembelajaran, namun menghadirkan beberapa tantangan. Diperlukan kombinasi strategi dan teknik yang tepat untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan. Tujuan penelitian ini untuk mengeksplorasi strategi pengajaran di kelas membaca EFL Indonesia. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus. Partisipan penelitian ini adalah salah satu guru di salah satu SMP di Tasikmalaya. Pengumpulan data penelitian menggunakan observasi. Data dianalisis dengan analisis tematik (Braun & Clarke, 2006). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang digunakan guru dalam mengajar membaca sejalan dengan teori yang dikemukakan oleh Adler C.R (2004). Strategi-strategi tersebut adalah; (1) Menggunakan strategi metakognitif untuk menjadi pembaca yang baik; (2) Menggunakan grafis dan semantik untuk memeriksa pemahaman siswa dalam membaca; (3) Mendorong siswa dalam membaca pemahaman dengan bertanya dan menjawab pertanyaan; (4) Mengidentifikasi cerita dari teks. Berdasarkan hasil analisis, peneliti menyimpulkan bahwa strategi ini dapat mendorong pembelajaran aktif di kalangan siswa, ditandai dengan partisipasi aktif mereka di kelas, kecenderungan mereka untuk lebih memperhatikan guru, dan meningkatkan pemahaman mereka terhadap materi. Implikasi dari penelitian ini menekankan penerapan strategi-strategi tersebut dalam mengajar membaca. Kata kunci: Strategi Pengajaran, Kelas Membaca EFL, Strategi Guru, Pemahaman Membaca

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: K Law > KD England and Wales
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 14 Aug 2023 02:29
Last Modified: 14 Aug 2023 02:29
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10543

Actions (login required)

View Item View Item