Almahbubi, Mochammad Ikhsanul Millah (2023) PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN BERMAIN PERAN PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI DI SMA QURANIC SCIENCE BOARDING SCHOOL KABUPATEN TASIKMALAYA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (54kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (61kB) |
|
Text
3. LEMBAR PENGUJI.pdf Download (158kB) |
|
Text
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (264kB) |
|
Text
5. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf Download (203kB) |
|
Text
6. KATA PENGANTAR & UCAPAN TERIMA KASIH.pdf Download (319kB) |
|
Text
7. DAFTAR-DAFTAR.pdf Download (524kB) |
|
Text
8. BAB 1.pdf Download (334kB) |
|
Text
9. BAB 2.pdf Download (382kB) |
|
Text
10. BAB 3.pdf Download (240kB) |
|
Text
11. BAB 4.pdf Download (408kB) |
|
Text
12. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (201kB) |
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (429kB) |
|
Text
14. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan metode pembelajaran bermain peran, kelebihan metode pembelajaran bermain peran dan kekurangan metode pembelajaran bermain peran pada mata pelajaran sejarah Indonesia kelas XI IPA SMA Quranic Science Boarding School Kabupaten Tasikmalaya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Tempat penelitian dilaksanakan di SMA Quranic Science Boarding School Kabupaten Tasikmalaya. Sumber data dan informan terdiri dari peserta didik kelas XI IPA 1, XI IPA 2, guru sejarah, RPP, silabus, lembar penilaian. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa latar belakang penggunaan metode bermain peran adalah guru berkeinginan untuk menambah variasi metode pembelajaran dan tuntutan pelatihan yang dilakukan sekolah tersebut, langkah-langkah penggunaan metode pembelajaran bermain peran meliputi pertama, persiapan memilih peran, membuat naskah bermain peran, properti penunjang dan pendalaman peran. Kedua, Pelaksanaan metode pembelajaran bermain peran yaitu menyiapkan pengamat, menata panggung dan melaksanakan pentas bermain peran. Ketiga, penutup yaitu diskusi dan evaluasi, kelebihan metode ini adalah memberikan kesempatan pada peserta didik untuk kerja sama, kreatif, mampu berbicara di depan orang banyak dan meneladani tokoh pahlawan yang diperankan. Kekurangan metode ini adalah memerlukan banyak waktu, memerlukan tempat yang luas, menuntut peserta didik untuk kreatif dan aktif. Kata kunci: Metode Pembelajaran, Bermain Peran, Mata Pelajaran Sejarah SMA
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 14 Aug 2023 00:09 |
Last Modified: | 14 Aug 2023 00:09 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10520 |
Actions (login required)
View Item |