HUBUNGAN ANTARA SELF-REGULATED LEARNING DAN KETERLIBATAN BELAJAR SISWA DENGAN KEMAMPUAN LITERASI GEOGRAFI (STUDI PADA SISWA KELAS XI IPS DI SMAN 9 KOTA TASIKMALAYA)

AZHARI, SEPTIAN CAHYA (2023) HUBUNGAN ANTARA SELF-REGULATED LEARNING DAN KETERLIBATAN BELAJAR SISWA DENGAN KEMAMPUAN LITERASI GEOGRAFI (STUDI PADA SISWA KELAS XI IPS DI SMAN 9 KOTA TASIKMALAYA). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (40kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN0002.pdf

Download (304kB)
[img] Text
LEMBAR PERNYATAAN0003.pdf

Download (303kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (10kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (47kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (47kB)
[img] Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (29kB)
[img] Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (35kB)
[img] Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (11kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (79kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (461kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (421kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (723kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (177kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (791kB)

Abstract

Faktor self regulated learning (SRL) dan keterlibatan belajar siswa di kelas sangat mempengaruhi kemampuan literasi geografi (GLS) siswa sekolah menengah atas program ilmu sosial. Kemampuan literasi geografi merupakan kemampuan esensial yang harus dimiliki oleh siswa, terutama pada program ilmu sosial. Penelitian ini menyelidiki signifikansi hubungan antara SRL dan Student Learning Engagement (SLE) terhadap kemampuan literasi geografi siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis analisis SEM-PLS. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan antara SRL dan SLE terhadap kemampuan literasi geografi yang ditunjukkan dengan nilai P value antara SLE terhadap kemampuan Geo-literasi (0,001) dan SRL terhadap kemampuan Geo�literasi (0,000). Oleh karena itu, untuk mendorong peningkatan kemampuan literasi geografi pada siswa, salah satu caranya adalah dengan membentuk SRL siswa dan mendorong keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran di kelas. Kata kunci: Keterampilan Geo-literasi, Pembelajaran mandiri, Keterlibatan belajar siswa

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 09 Aug 2023 01:31
Last Modified: 09 Aug 2023 01:31
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10418

Actions (login required)

View Item View Item