AZHARI, SEPTIAN CAHYA (2023) HUBUNGAN ANTARA SELF-REGULATED LEARNING DAN KETERLIBATAN BELAJAR SISWA DENGAN KEMAMPUAN LITERASI GEOGRAFI (STUDI PADA SISWA KELAS XI IPS DI SMAN 9 KOTA TASIKMALAYA). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
COVER.pdf Download (40kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN0002.pdf Download (304kB) |
|
Text
LEMBAR PERNYATAAN0003.pdf Download (303kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (10kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (47kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (47kB) |
|
Text
DAFTAR TABEL.pdf Download (29kB) |
|
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (35kB) |
|
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (11kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (79kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (461kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (421kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (723kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (16kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (177kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (791kB) |
Abstract
Faktor self regulated learning (SRL) dan keterlibatan belajar siswa di kelas sangat mempengaruhi kemampuan literasi geografi (GLS) siswa sekolah menengah atas program ilmu sosial. Kemampuan literasi geografi merupakan kemampuan esensial yang harus dimiliki oleh siswa, terutama pada program ilmu sosial. Penelitian ini menyelidiki signifikansi hubungan antara SRL dan Student Learning Engagement (SLE) terhadap kemampuan literasi geografi siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis analisis SEM-PLS. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan antara SRL dan SLE terhadap kemampuan literasi geografi yang ditunjukkan dengan nilai P value antara SLE terhadap kemampuan Geo-literasi (0,001) dan SRL terhadap kemampuan Geo�literasi (0,000). Oleh karena itu, untuk mendorong peningkatan kemampuan literasi geografi pada siswa, salah satu caranya adalah dengan membentuk SRL siswa dan mendorong keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran di kelas. Kata kunci: Keterampilan Geo-literasi, Pembelajaran mandiri, Keterlibatan belajar siswa
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 09 Aug 2023 01:31 |
Last Modified: | 09 Aug 2023 01:31 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10418 |
Actions (login required)
View Item |