PENGEMBANGAN DIGIBOOK BANGUN RUANG SISI LENGKUNG BERBASIS FLIP PDF PROFESSIONAL UNTUK MENGEKSPLOR KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK

SOVIAN, IVAN (2023) PENGEMBANGAN DIGIBOOK BANGUN RUANG SISI LENGKUNG BERBASIS FLIP PDF PROFESSIONAL UNTUK MENGEKSPLOR KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK. Pascasarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (52kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (195kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (120kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR DAFTAR ISI DAFTAR TABEL PRNYATAAN KEASLIAN.pdf

Download (119kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (112kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (207kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (197kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (136kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (150kB)
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan digibook bangun ruang sisi lengkung berbasis Flip PDF Professional untuk mengeksplor kemampuan pemecahan masalah peserta didik, mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik setelah menggunakan digibook bangun ruang sisi lengkung berbasis Flip PDF Professional dan mengetahui efektivitas kemampuan pemecahan masalah peserta didik setelah menggunakan digibook bangun ruang sisi lengkung berbasis Flip PDF Professional. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE melalui 5 tahapan yaitu Analyze, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Subjek dalam penelitian ini adalah 3 orang guru matematika, 5 orang peserta didik yang diambil dari kelas sembilan diluar kelas IX B, 2 orang ahli materi, 2 orang ahli media dan 32 orang peserta didik kelas IX B SMP Negeri 2 Cikijing. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu melalui observasi, wawancara, angket dan tes kemampuan pemecahan masalah. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli media, angket respon pengguna, dan soal tes kemampuan pemecahan masalah. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan pada tahap analyze peneliti melakukan analisis kebutuhan materi dan media. Pada tahap design peneliti membuat flowchart dan storyboard, merancang instrumen tes, menyusun lembar validasi ahli materi dan ahli media, membuat angket respon pengguna. Pada tahap develop peneliti menghasilkan produk yang telah dirancang, melakukan uji ahli kepada ahli materi dan ahli media dengan hasil validasi berada pada kategori “sangat layak digunakan” serta melakukan ujicoba produk kepada 3 orang guru matematika dan 5 orang peserta didik di luar kelas IX-B dan memperoleh respon positif dengan kategori “sangat baik”. Pada tahap implement, digibook diterapkan dalam kegiatan pembelajaran kepada 32 orang peserta didik kelas IX-B SMPN 2 Cikijing. Pada tahap evaluate diketahui kemampuan pemecahan masalah setelah menggunakan digibook bangun ruang sisi lengkung berbasis Flip PDF Professional sebanyak 8 orang atau 25% peserta didik berada pada kategori “Tinggi”. Selanjutnya sebanyak 20 orang atau 62,5% peserta didik berada pada kategori “Sedang”. Terakhir yaitu sebanyak 4 orang atau 12,5% peserta didik berada pada kategori “Rendah”. Presentase indikator kemampuan pemecahan masalah yaitu pada indikator memahami masalah sebesar 93,1%, indikator merencanakan strategi penyelesaian sebesar 92,5%, indikator menerapkan strategi penyelesaian sebesar 73,6%, dan indikator memeriksa kembali hasil yang diperoleh sebesar 36,6%. Hasil pengujian Effect Size (ES) diperoleh nilai 1,70 dengan kategori “Strong Effect”. Respon pengguna terhadap digibook bangun ruang sisi lengkung berbasis Flip PDF Professional ini positif dengan kategori sangat baik. Dengan demikian digibook bangun ruang sisi lengkung berbasis Flip PDF Professional yang dikembangkan layak digunakan untuk mengeksplor kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Kata Kunci : Digibook, Flip PDF Professional, Kemampuan Pemecahan masalah

Item Type: Thesis (Pascasarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 10 Aug 2023 02:41
Last Modified: 10 Aug 2023 02:41
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10405

Actions (login required)

View Item View Item