NOOR, NINA NOBELIA (2023) PENGARUH KECERDASAN INTRAPERSONAL TERHADAP PENYESUAIAN DIRI WARGA BELAJAR PROGRAM KESETARAAN (Studi terhadap Warga Belajar Program Kesetaraan di PKBM GEMA Kota Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
Cover.pdf Download (26kB) |
|
Text
Lembar Pengesahan.pdf Download (167kB) |
|
Text
Pernyataan Keaslian.pdf Download (209kB) |
|
Text
Dewan Penguji.pdf Download (127kB) |
|
Text
Abstrak.pdf Download (13kB) |
|
Text
Kata Pengantar.pdf Download (195kB) |
|
Text
Ucapan Terima kasih.pdf Download (77kB) |
|
Text
MOTTO.pdf Download (66kB) |
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (30kB) |
|
Text
Bab 1.pdf Download (96kB) |
|
Text
Bab 2.pdf Download (268kB) |
|
Text
Bab 3.pdf Download (351kB) |
|
Text
Bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (376kB) |
|
Text
Bab 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (115kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (150kB) |
|
Text
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Setiap proses pembelajaran selalu mengalami perubahan. Warga belajar yang kesulitan menyesuaikan diri ditunjukkan dari perilaku cenderung memilih menyendiri, tidak tergabung dalam kelompok pertemanan, serta melanggar aturan sekolah. Penyesuaian diri dapat berjalan baik didukung oleh kecerdasan intrapersonal yaitu kemampuan untuk mengenali diri sendiri. Seseorang yang mempunyai kecerdasan intrapersonal akan bertanggung jawab atas diri sendiri sehingga selalu memperbaiki kualitas belajarnya. Tujuan penelitian untuk menganalisis pengaruh kecerdasan intrapersonal terhadap penyesuaian diri warga belajar program kesetaraan PKBM GEMA. Metode penelitian yang digunakan adalah metode korelasional dengan metode pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional stratified random sampling dan penghitungan sampel menggunakan grafik nomogram harry king sehingga diperoleh hasil penelitian sebanyak 40 responden. Instrumen yang digunakan yaitu angket yang sudah diuji validitas dan reliabilitas. Data hasil penelitian memenuhi uji asumsi klasik yaitu uji normalitas, linearitas dan heteroskedastisitas kemudian dilanjutkan uji hipotesis analisis regresi linier sederhana dan analisis determinasi (R-Square) dengan hasil nilai probabilitasnya < nilai alpha 0.05 sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa H0 ditolak. Dengan demikian kecerdasan intrapersonal berpengaruh terhadap penyesuaian diri warga belajar program kesetaraan PKBM GEMA. Kontribusi variabel kecerdasan intrapersonal terhadap penyesuaian diri warga belajar sebesar 52,9%. Lalu sebesar 47.1% merupakan kontribusi variabel lain yang tidak termasuk dalam model penelitian ini. Simpulan penyesuaian diri dapat berjalan baik didukung oleh kecerdasan intrapersonal, yaitu kemampuan mencapai perkembangan diri sebagai individu dan memiliki kesadaran dalam mengetahui diri sendiri sehingga mampu mengerti sekitar. Kata Kunci: Kecerdasan Intrapersonal, Penyesuaian Diri, Warga Belajar
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Masyarakat |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 08 Aug 2023 07:09 |
Last Modified: | 08 Aug 2023 07:09 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10396 |
Actions (login required)
View Item |