PEMBELAJARAN DENGAN METODE HOME VISIT PADA PENDIDIKAN KESETARAAN PAKET C (Studi di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kota Tasikmalaya)

GINA, SAEBATUL (2023) PEMBELAJARAN DENGAN METODE HOME VISIT PADA PENDIDIKAN KESETARAAN PAKET C (Studi di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kota Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (223kB)
[img] Text
2. PENGASAHAN.pdf

Download (207kB)
[img] Text
3. PENGUJI.pdf

Download (118kB)
[img] Text
4. PERNYATAAN.pdf

Download (187kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (369kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (267kB)
[img] Text
7. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf

Download (293kB)
[img] Text
8. MOTTO.pdf

Download (182kB)
[img] Text
9. DAFTAR ISI.pdf

Download (206kB)
[img] Text
10. BAB I.pdf

Download (505kB)
[img] Text
11. BAB II.pdf

Download (467kB)
[img] Text
12. BAB III.pdf

Download (354kB)
[img] Text
13. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (927kB)
[img] Text
14. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[img] Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (191kB)
[img] Text
16. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pembelajaran merupakan suatu proses untuk mendapatkan ilmu pengetahuan yang disampaikan oleh seseorang kepada orang lainnya. Dalam setiap pembelajaran tentunya akan berhadapan dengan permasalahan yang dimiliki oleh setiap orang. Salah satu permasalahan yang muncul yaitu mengenai waktu pelaksanaan pembelajaran. Sehingga penelitian ini dilaksanakan karena munculnya permasalahan yang timbul dari warga belajar yang terkendala oleh waktu sehingga melaksanakan alternatif pembelajaran dengan melaksanakan pembelajaran tersebut dengan menggunakan metode home visit. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan mendeskripsikan mengenai pembelajaran dengan metode home visit pada Pendidikan kesetaraan paket C di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kota Tasikmalaya. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif yaitu pemecahan masalah yang didapatkan dengan cara mendeskripsikan keadaan objek atau subjek penelitian berdasarkan fakta yang ada dilapangan. Peneliti juga menggunakan sumber data yaitu pengelola paket C, tutor paket C dan warga belajar paket C di SKB Kota Tasikmalaya dan teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrument yang digunakan adalah pedoman observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode home visit pada pendidikan kesetaraan paket C yang meliputi aspek perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi merupakan metode pembelajaran yang efektif dalam mengurangi serta menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan warga belajar, khususnya permasalahan yang berkaitan dengan keterhambatan waktu waktu yang digunakan untuk melaksanakan pembelajaran secara langsung dilembaga. Kata Kunci: Pembelajaran, Metode Home Visit, Pendidikan Kesetaraan

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Masyarakat
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 07 Aug 2023 05:00
Last Modified: 07 Aug 2023 05:00
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10338

Actions (login required)

View Item View Item