GINA, SAEBATUL (2023) PEMBELAJARAN DENGAN METODE HOME VISIT PADA PENDIDIKAN KESETARAAN PAKET C (Studi di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kota Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (223kB) |
|
Text
2. PENGASAHAN.pdf Download (207kB) |
|
Text
3. PENGUJI.pdf Download (118kB) |
|
Text
4. PERNYATAAN.pdf Download (187kB) |
|
Text
5. ABSTRAK.pdf Download (369kB) |
|
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf Download (267kB) |
|
Text
7. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf Download (293kB) |
|
Text
8. MOTTO.pdf Download (182kB) |
|
Text
9. DAFTAR ISI.pdf Download (206kB) |
|
Text
10. BAB I.pdf Download (505kB) |
|
Text
11. BAB II.pdf Download (467kB) |
|
Text
12. BAB III.pdf Download (354kB) |
|
Text
13. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (927kB) |
|
Text
14. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (186kB) |
|
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (191kB) |
|
Text
16. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Pembelajaran merupakan suatu proses untuk mendapatkan ilmu pengetahuan yang disampaikan oleh seseorang kepada orang lainnya. Dalam setiap pembelajaran tentunya akan berhadapan dengan permasalahan yang dimiliki oleh setiap orang. Salah satu permasalahan yang muncul yaitu mengenai waktu pelaksanaan pembelajaran. Sehingga penelitian ini dilaksanakan karena munculnya permasalahan yang timbul dari warga belajar yang terkendala oleh waktu sehingga melaksanakan alternatif pembelajaran dengan melaksanakan pembelajaran tersebut dengan menggunakan metode home visit. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan mendeskripsikan mengenai pembelajaran dengan metode home visit pada Pendidikan kesetaraan paket C di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kota Tasikmalaya. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif yaitu pemecahan masalah yang didapatkan dengan cara mendeskripsikan keadaan objek atau subjek penelitian berdasarkan fakta yang ada dilapangan. Peneliti juga menggunakan sumber data yaitu pengelola paket C, tutor paket C dan warga belajar paket C di SKB Kota Tasikmalaya dan teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrument yang digunakan adalah pedoman observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode home visit pada pendidikan kesetaraan paket C yang meliputi aspek perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi merupakan metode pembelajaran yang efektif dalam mengurangi serta menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan warga belajar, khususnya permasalahan yang berkaitan dengan keterhambatan waktu waktu yang digunakan untuk melaksanakan pembelajaran secara langsung dilembaga. Kata Kunci: Pembelajaran, Metode Home Visit, Pendidikan Kesetaraan
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Masyarakat |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 07 Aug 2023 05:00 |
Last Modified: | 07 Aug 2023 05:00 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10338 |
Actions (login required)
View Item |