KAJIAN LEARNING OBSTACLE PADA MATERI RASIO TRIGONOMETRI SMA KELAS X

MA’LA, SIDQI YAJIDIL (2023) KAJIAN LEARNING OBSTACLE PADA MATERI RASIO TRIGONOMETRI SMA KELAS X. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (186kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (52kB)
[img] Text
LEMBAR PENGUJI.pdf

Download (65kB)
[img] Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (58kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (143kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (138kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (386kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (150kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (527kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (70kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (761kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (130kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji learning obstacle atau hambatan belajar yang dialami peserta didik pada materi rasio trigonometri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini dengan menggunakan proses triangulasi, yakni menyatukan data dari hasilpengujian instrumen, observasi, dan wawancara. Instrumen yang digunakan adalah soaltes identifikasi learning obstacle. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X-A SMA Plus Pst. AMANAH Tasikmalaya. Penelitian ini diawali dengan mengidentifikasi hambatan belajar (learning obstacle) terkait dengan materi kelas X konsep rasio trigonometri. Mengidentifikasi hambatan belajar tersebut dengan cara uji instrumen soal kepada peserta didik. Data dianalisis dengan respon peserta didik tentang instrumen yang diberikan, respon peserta didik dikategorikan ke dalam beberapa kategori, dianalisis kausalitas hambatan belajar untuk membuat rancangan alternatif desain didaktis. Hasil dari penelitian ini adalah ditemukannya dua jenis hambatan belajar (hambatan epistimologis) yaitu : (1) Tipe 1: Learning obstacle terkait konsep materi dan prosedur penyelesaian soal. (2) Tipe 2 : Learning obstacle terkait pemecahan masalah dan koneksi dengan konsep metematika dalam menyelesaikan masalah kontekstual. Rancangan desain materi trigonometri disusun berdasarkan hambatan belajar yang teridentifikasi. Kata kunci: Hambatan Epistimologis, Learning Obstacle, Rasio Trigonometri

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 07 Aug 2023 04:58
Last Modified: 07 Aug 2023 04:58
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10333

Actions (login required)

View Item View Item