PENGARUH PENDEKATAN METAPHORICAL THINKING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN RESILIENSI MATEMATIS PESERTA DIDIK

ABDILLAH, VITTA OKTAVINA (2023) PENGARUH PENDEKATAN METAPHORICAL THINKING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN RESILIENSI MATEMATIS PESERTA DIDIK. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (189kB)
[img] Text
SURAT KETERANGAN PENGUJI.pdf

Download (63kB)
[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN KARYA ILMIAH.pdf

Download (43kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (4MB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (4MB)
[img] Text
DAFTAR ISI - DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (5MB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

VITTA OKTAVINA ABDILLAH. 2023. Pengaruh Pendekatan Metaphorical Thinking Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Dan Resiliensi Matematis Peserta Didik. Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan metaphorical thinking terhadap kemampuan berpikir kritis matematis dan resiliensi matematis peserta didik dan mengetahui persentase kemampuan berpikir kritis matematis dan resiliensi matematis peserta didik yang menggunakan pendekatan metaphorical thinking. Metode yang digunakan yaitu metode eksperimen dengan desain untuk kemampuan berpikir kritis matematis yaitu Pretest-Posttest Control Group Design dan untuk resiliensi matematis yaitu Posttest Only Contol Design. Populasi pada penelitian yaitu seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Tasikmalaya. Sampel pada penelitian yaitu peserta didik kelas VIII G sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII A sebagai kelas kontrol. Teknik sampel menggunakan random assignment. Instrumen yang digunakan yaitu tes uraian kemampuan berpikir kritis matematis dan angket resiliensi matematis. Teknik analisis data berupa statistika deskripstif dan statistika inferensial dengan menganalisis serta mengukur kemampuan berpikir kritis matematis dan resiliensi matematis peserta didik mengguakan IBM SPSS Statistik 24. Uji normalitas menggunakan Shapiro Wilk, uji homogenitas menggunakan Levene’s, uji perbedaan rata-rata (pihak kanan) menggunakan Independent Sample T-Test, dan uji Mann Whitney. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pendekatan metaphorical thinking terhadap kemampuan berpikir kritis matematis dan resiliensi matematis peserta didik. Kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik dengan pendekatan metaphorical thinking dalam kategori tinggi 40,625%, sedang 40,625%, rendah 18,75%, dan rerata skor secara keseluruhan 58% dalam kategori sedang. Resiliensi matematis peserta didik dengan pendekatan metaphorical thinking dalam kategori tinggi 25%, sedang 59,375%, rendah 15,625%, dan rerata skor secara keseluruhan 69,35% dalam kategori sedang. Kata kunci: Pendekatan Metaphorical Thinking, Kemampuan Berpikir Kritis Matematis, Resiliensi Matematis

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 04 Aug 2023 01:15
Last Modified: 04 Aug 2023 01:15
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10279

Actions (login required)

View Item View Item