DEWI, HANI FITRIA (2023) ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DALAM MENYELESAIKAN ILL STRUCTURED PROBLEMS DITINJAU DARI BELIEFS MATHEMATICS PESERTA DIDIK. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (82kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (207kB) |
|
Text
3. SURAT KETERANGAN.pdf Download (488kB) |
|
Text
4. PERNYATAAN KEASLIAN KARYA ILMIAH.pdf Download (20kB) |
|
Text
5. ABSTRAK.pdf Download (8kB) |
|
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf Download (186kB) |
|
Text
7. DAFTAR ISI.pdf Download (32kB) |
|
Text
8. DAFTAR TABEL.pdf Download (27kB) |
|
Text
9. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (25kB) |
|
Text
10. DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (28kB) |
|
Text
11. BAB 1.pdf Download (90kB) |
|
Text
12. BAB 2.pdf Download (298kB) |
|
Text
13. BAB 3.pdf Download (95kB) |
|
Text
14. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (813kB) |
|
Text
15. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
|
Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (150kB) |
|
Text
17. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
HANI FITRIA DEWI. 2023. Analisis Kemampuan Penalaran Matematis dalam Menyelesaikan Ill Structured Problems Ditinjau dari Beliefs Mathematics Peserta Didik. Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan seberapa jauh kemampuan penalaran matematis peserta didik dalam menyelesaikan ill structured problems ditinjau dari beliefs mathematics. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian melibatkan 3 peserta didik kelas VIII-K SMP Negeri 1 Tasikmalaya kategori beliefs mathematics tinggi, sedang, dan rendah, serta dapat menyelesaikan soal penalaran ill structured problems. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pengisian angket beliefs mathematics, tes kemampuan penalaran ill structured problems, subjek terpilih diwawancarai untuk mengetahui lebih mendalam kemampuan penalarannya. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) peserta didik kategori beliefs mathematics tinggi mampu memenuhi seluruh indikator kemampuan penalaran matematis, serta dapat merespon keautentikan, kompleksitas, dan keterbukaan ill structured problems; 2) peserta didik kategori beliefs mathematics sedang mampu menyatakan informasi secara lengkap, mampu mengajukan dua strategi penyelesaian, tidak dapat mengeksplor strategi dengan tepat, mampu menemukan pola dan memanipulasi matematika, tidak mampu membuktikan dan memeriksa jawaban, serta tidak mampu menarik kesimpulan dengan tepat, hal tersebut menunjukkan peserta didik sudah mampu merespon keautentikan, namun kurang mampu merespon kompleksitas dan keterbukaan ill structured problem; 3) peserta didik kategori beliefs mathematics rendah mampu menyatakan informasi secara lengkap, hanya mengajukan satu strategi dan tidak dapat mengeksplor strategi dengan tepat, mampu menemukan pola, keliru dalam melakukan perhitungan, tidak mampu membuktikan dan memeriksa jawaban, serta tidak mampu menarik kesimpulan dengan tepat, hal tersebut menunjukkan bahwa peserta didik sudah mampu merespon keautentikan, namun kurang mampu merespon kompleksitas dan keterbukaan ill structured problems. Kata kunci: Analisis, Kemampuan Penalaran Matematis, Ill Structured Problems, Beliefs Mathematics
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 03 Aug 2023 08:18 |
Last Modified: | 03 Aug 2023 08:18 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10262 |
Actions (login required)
View Item |