PENGARUH MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) TERHADAP EFIKASI DIRI DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK PADA MATERI OPTIK (Kuasi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas XI MIPA SMA Negeri 3 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023)

ANJIANA, RIFA (2023) PENGARUH MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) TERHADAP EFIKASI DIRI DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK PADA MATERI OPTIK (Kuasi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas XI MIPA SMA Negeri 3 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (15kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan_Rifa Anjiana (1).pdf

Download (213kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (212kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (249kB)
[img] Text
4. HALAMAN PRIBADI.pdf

Download (238kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (124kB)
[img] Text
7. UCAPAN TERIMAH KASIH.pdf

Download (128kB)
[img] Text
8. DAFTAR ISI.pdf

Download (198kB)
[img] Text
9. DAFTAR TABEL.pdf

Download (195kB)
[img] Text
10. DAFTAR GAMMBAR.pdf

Download (187kB)
[img] Text
11. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (195kB)
[img] Text
12. BAB I.pdf

Download (149kB)
[img] Text
13. BAB II.pdf

Download (542kB)
[img] Text
14. BAB III.pdf

Download (655kB)
[img] Text
15. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (775kB)
[img] Text
16. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[img] Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (248kB)
[img] Text
18. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya efikasi diri dan keterampilan berpikir kreatif peserta didik pada materi optik serta kurangnya inovasi penggunaan model pembelajaran Fisika. Salah satu solusi yang dilakukan peneliti untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Creative Problem Solving (CPS) terhadap efikasi diri dan keterampilan berpikir kreatif. Metode Penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas XI MIPA di SMA Negeri 3 Tasikmalaya tahun ajaran 2022/2023 sebanyak 8 kelas. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik cluster sampling sebanyak 2 kelas. Untuk mengukur efikasi diri yaitu dengan menggunakan angket sebelum dan sesudah diberikan perlakuan sedangkan untuk mengukur keterampilan berpikir kreatif peserta didik dilakukan tes sebelum perlakuan (pretest) dan setelah diberi perlakuan (posttest) berbentuk uraian berjumlah 7 soal pada materi optik. Hasil pengujian hipotesis dengan uji MANOVA (Multivariate Analysis of Variance) menunjukkan bahwa nilai sig < 0,05 yang berarti

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 03 Aug 2023 08:17
Last Modified: 03 Aug 2023 08:17
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10250

Actions (login required)

View Item View Item