ANJIANA, RIFA (2023) PENGARUH MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) TERHADAP EFIKASI DIRI DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK PADA MATERI OPTIK (Kuasi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas XI MIPA SMA Negeri 3 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (15kB) |
|
Text
Lembar Pengesahan_Rifa Anjiana (1).pdf Download (213kB) |
|
Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (212kB) |
|
Text
5. ABSTRAK.pdf Download (249kB) |
|
Text
4. HALAMAN PRIBADI.pdf Download (238kB) |
|
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf Download (124kB) |
|
Text
7. UCAPAN TERIMAH KASIH.pdf Download (128kB) |
|
Text
8. DAFTAR ISI.pdf Download (198kB) |
|
Text
9. DAFTAR TABEL.pdf Download (195kB) |
|
Text
10. DAFTAR GAMMBAR.pdf Download (187kB) |
|
Text
11. DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (195kB) |
|
Text
12. BAB I.pdf Download (149kB) |
|
Text
13. BAB II.pdf Download (542kB) |
|
Text
14. BAB III.pdf Download (655kB) |
|
Text
15. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (775kB) |
|
Text
16. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (8kB) |
|
Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (248kB) |
|
Text
18. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya efikasi diri dan keterampilan berpikir kreatif peserta didik pada materi optik serta kurangnya inovasi penggunaan model pembelajaran Fisika. Salah satu solusi yang dilakukan peneliti untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Creative Problem Solving (CPS) terhadap efikasi diri dan keterampilan berpikir kreatif. Metode Penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas XI MIPA di SMA Negeri 3 Tasikmalaya tahun ajaran 2022/2023 sebanyak 8 kelas. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik cluster sampling sebanyak 2 kelas. Untuk mengukur efikasi diri yaitu dengan menggunakan angket sebelum dan sesudah diberikan perlakuan sedangkan untuk mengukur keterampilan berpikir kreatif peserta didik dilakukan tes sebelum perlakuan (pretest) dan setelah diberi perlakuan (posttest) berbentuk uraian berjumlah 7 soal pada materi optik. Hasil pengujian hipotesis dengan uji MANOVA (Multivariate Analysis of Variance) menunjukkan bahwa nilai sig < 0,05 yang berarti
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 03 Aug 2023 08:17 |
Last Modified: | 03 Aug 2023 08:17 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10250 |
Actions (login required)
View Item |