PENGARUH E-LKPD BERBASIS LIVE WORKSHEET TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATERI HIDROLOGI KELAS X SMAN 1 TASIKMALAYA

ASYA, BILQIS BAJILAH (2023) PENGARUH E-LKPD BERBASIS LIVE WORKSHEET TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATERI HIDROLOGI KELAS X SMAN 1 TASIKMALAYA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (208kB)
[img] Text
02. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (62kB)
[img] Text
03. LEMBAR PENGUJIAN.pdf

Download (47kB)
[img] Text
04. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (190kB)
[img] Text
05. ABSTRAK.pdf

Download (237kB)
[img] Text
06. KATA PENGANTAR.pdf

Download (172kB)
[img] Text
07. UCAPAN TERIMAKASIH.pdf

Download (131kB)
[img] Text
08. DAFATR ISI, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (394kB)
[img] Text
09. BAB I.pdf

Download (255kB)
[img] Text
10. BAB 2.pdf

Download (545kB)
[img] Text
11. BAB 3.pdf

Download (871kB)
[img] Text
12. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
13. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (240kB)
[img] Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (204kB)
[img] Text
15. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

BILQIS BAJILAH ASYA 2023. Pengaruh Penggunaan E-LKPD berbasis Live Worksheet terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik pada Materi Hidrologi Kelas 10 SMAN 1 Tasikmalaya. Jurusan Pendidikan Geografi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Tasikmalaya. Penggunaan media pada proses pembelajaran geografi di SMAN 1 Tasikmalaya belum mampu meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik. Pembaharuan terhadap media pembelajaran E-LKPD berbasis Live Worksheet dilakukan untuk menghasilkan media yang interaktif dalam upaya melaksanakan pembelajaran yang efektif dan efisien. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan media yang mampu meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik kelas X SMAN 1 Tasikmalaya. Metode penelitian kuantitatif yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain Non-equivalent Control Group Design. Sampel penelitian adalah X-1 sebagai kelas eksperimen berjumlah 37 orang dan X-7 sebagai kelas kontrol berjumlah 33 orang. Teknik analisis data untuk hasil belajar kognitif menggunakan uji Mann-Whitney. Berdasarkan hasil analisis lingkungan belajar langkah-langkah penggunaan E-LKPD berbasis Live Worksheet yakni Plan (perencanaan), Implement (implementasi) dan evaluate (evaluasi). Hasil penelitian menunjukan pada kelas eksperimen yang menggunakan media E-LKPD berbasis Live Worksheet terjadi kenaikan nilai kognitif dengan persentase 52% dengan nilai rata-rata pretest 51 dan posttest 78. Sedangkan pada kelas kontrol yang menggunakan LKPD konvensional terjadi kenaikan nilai kognitif dengan persentasi 45% dengan nilai rata-rata pretest 41 dan posttest 60. Kata Kunci: media pembelajaran, E-LKPD berbasis Live Worksheet, hasil belajar kognitif

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 02 Aug 2023 01:18
Last Modified: 02 Aug 2023 01:18
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10182

Actions (login required)

View Item View Item