PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS SCIENCE TECHNOLOGY ENGINEERING ARTS MATHEMATICS (STEAM) DENGAN BANTUAN SMART APPS CREATOR 3

WIJAYANTI, NOVITA INDAH (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS SCIENCE TECHNOLOGY ENGINEERING ARTS MATHEMATICS (STEAM) DENGAN BANTUAN SMART APPS CREATOR 3. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (83kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (298kB)
[img] Text
3. SURAT KETERANGAN.pdf

Download (163kB)
[img] Text
4. SURAT KETERANGAN KEASLIAN KARYA ILMIAH.pdf

Download (20kB)
[img] Text
5. ABSTRAK IND ENG.pdf

Download (11kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (73kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (41kB)
[img] Text
8. DAFTAR TABEL.pdf

Download (91kB)
[img] Text
9. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (97kB)
[img] Text
10. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (28kB)
[img] Text
11. BAB 1.pdf

Download (151kB)
[img] Text
12. BAB 2.pdf

Download (340kB)
[img] Text
13. BAB 3.pdf

Download (98kB)
[img] Text
14. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (718kB)
[img] Text
15. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img] Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (85kB)
[img] Text
17. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

NOVITA INDAH WIJAYANTI. 2023. PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS SCIENCE TECHNOLOGY ENGINEERING ARTS MATHEMATICS (STEAM) DENGAN BANTUAN SMART APPS CREATOR 3. Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penenlitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk media pembelajaran matematika berbasis STEAM dengan bantuan software Smart Apps Creator 3 dan mengetahui kelayakan media pembelajarannya. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode Research & Development (R & D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation & Evaluation). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan kuesioner, Instrumen penelitian menggunakan lembar studi pendahuluan, angket penilaian kualitas media pembelajaran dengan lembar uji kelayakan media dan angket respon peserta didik. Data penelitian ini bersumber dari ahli media, ahli materi, dan peserta didik kelas VIII SMPN 5 Tasikmalaya. Teknik analisis data yang dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu menghasilkan produk aplikasi pembelajaran yang bernama MatSTEAM2D dengan berbasis STEAM yang penggunaannya menggunakan android. Produk dinilai dari kelayakan penggunaan media yang diukur berdasarkan kualitas teknis, kualitas isi dan tujuan, dan kualitas respon peserta didik. Pada penilaian teknis, ahli media menyatakan media pembelajaran masuk pada kategori sangat layak, sedangkan pada penilaian kualitas isi dan tujuan ahli materi menyatakan media pembelajaran masuk pada kategori layak, dan berdasarkan angket penilaian kualitas instruksional pada uji coba kepada peserta didik, media pembelajaran yang masuk pada kategori sangat layak sehingga media pembelajaran dapat digunakan untuk membantu proses pembelajaran. Kata kunci: Pengembangan media pembelajaran, media pembelajaran matematika berbasis STEAM, software Smart Apps Creator 3.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 01 Aug 2023 08:41
Last Modified: 01 Aug 2023 08:41
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10177

Actions (login required)

View Item View Item