PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, AKTIVITAS BELAJAR DAN TEMAN SEBAYA TERHADAP KEMAMPUAN MATEMATIS MAHASISWA DALAM MATA KULIAH TEORI EKONOMI MIKRO (Survei Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi Angkatan 2019 - 2021)

NURHASANAH, ADINDA MUTIARA (2023) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, AKTIVITAS BELAJAR DAN TEMAN SEBAYA TERHADAP KEMAMPUAN MATEMATIS MAHASISWA DALAM MATA KULIAH TEORI EKONOMI MIKRO (Survei Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi Angkatan 2019 - 2021). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (10MB)
[img] Text
02 LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (11MB)
[img] Text
03 PERNYATAAN.pdf

Download (10MB)
[img] Text
04 ABSTRAK.pdf

Download (10MB)
[img] Text
05 KATA PENGANTAR.pdf

Download (10MB)
[img] Text
06 UCAPAN TERIMA KASIH.pdf

Download (10MB)
[img] Text
07 DAFTAR ISI.pdf

Download (10MB)
[img] Text
08 BAB 1.pdf

Download (11MB)
[img] Text
09 BAB 2.pdf

Download (10MB)
[img] Text
10 BAB 3.pdf

Download (11MB)
[img] Text
11 BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)
[img] Text
12 BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)
[img] Text
13 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (10MB)
[img] Text
14 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

Masalah dari penelitian ini berawal dari kesulitan belajar mahasiswa yang difokuskan pada kemampuan matematis mahasiswa khususnya pada mata kuliah teori ekonomi mikro. Dengan berbagai latar belakang perbedaan kemampuan setiap mahasiswa, diantaranya berasal dari motivasi belajar, aktivitas belajar dan teman sebaya. Metode penelitian ini menggunakan survey. Populasi dalam penelitian ini yaitu mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi Angkatan 2019, 2020 dan 2021 yang berjumlah 323 mahasiswa dengan sampel 179 mahasiswa. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini menggunakan kuesioner dan dokumentasi serta teknik analisis data yang digunakan analisis statistik uji regresi linier berganda serta uji hipotesis dengan uji F (Stimultan), uji t (parsial). Berdasarkan hasil penelitian, diketahui nilai koefisien determinasi (R square) pada penelitian ini yaitu 0,643 atau 64,3%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan matematis mahasiswa dalam mata kuliah teori ekonomi mikro. 2) Aktivitas belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan matematis mahasiswa dalam mata kuliah teori ekonomi mikro. 3) Teman sebaya berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan matematis mahasiswa dalam mata kuliah teori ekonomi mikro. 4) Terdapat pengaruh positif dan signifikan bersama – sama antara motivasi belajar, aktivitas belajar dan teman sebaya terhadap kemampuan matematis mahasiswa dalam mata kuliah teori ekonomi mikro. Kata kunci : Aktivitas Belajar, Kemampuan Matematis, Motivasi Belajar, Teman Sebaya

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 27 Jul 2023 02:35
Last Modified: 27 Jul 2023 02:35
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10079

Actions (login required)

View Item View Item