NURHASANAH, ADINDA MUTIARA (2023) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, AKTIVITAS BELAJAR DAN TEMAN SEBAYA TERHADAP KEMAMPUAN MATEMATIS MAHASISWA DALAM MATA KULIAH TEORI EKONOMI MIKRO (Survei Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi Angkatan 2019 - 2021). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
01 COVER.pdf Download (10MB) |
|
Text
02 LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (11MB) |
|
Text
03 PERNYATAAN.pdf Download (10MB) |
|
Text
04 ABSTRAK.pdf Download (10MB) |
|
Text
05 KATA PENGANTAR.pdf Download (10MB) |
|
Text
06 UCAPAN TERIMA KASIH.pdf Download (10MB) |
|
Text
07 DAFTAR ISI.pdf Download (10MB) |
|
Text
08 BAB 1.pdf Download (11MB) |
|
Text
09 BAB 2.pdf Download (10MB) |
|
Text
10 BAB 3.pdf Download (11MB) |
|
Text
11 BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (11MB) |
|
Text
12 BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
|
Text
13 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (10MB) |
|
Text
14 LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (13MB) |
Abstract
Masalah dari penelitian ini berawal dari kesulitan belajar mahasiswa yang difokuskan pada kemampuan matematis mahasiswa khususnya pada mata kuliah teori ekonomi mikro. Dengan berbagai latar belakang perbedaan kemampuan setiap mahasiswa, diantaranya berasal dari motivasi belajar, aktivitas belajar dan teman sebaya. Metode penelitian ini menggunakan survey. Populasi dalam penelitian ini yaitu mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi Angkatan 2019, 2020 dan 2021 yang berjumlah 323 mahasiswa dengan sampel 179 mahasiswa. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini menggunakan kuesioner dan dokumentasi serta teknik analisis data yang digunakan analisis statistik uji regresi linier berganda serta uji hipotesis dengan uji F (Stimultan), uji t (parsial). Berdasarkan hasil penelitian, diketahui nilai koefisien determinasi (R square) pada penelitian ini yaitu 0,643 atau 64,3%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan matematis mahasiswa dalam mata kuliah teori ekonomi mikro. 2) Aktivitas belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan matematis mahasiswa dalam mata kuliah teori ekonomi mikro. 3) Teman sebaya berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan matematis mahasiswa dalam mata kuliah teori ekonomi mikro. 4) Terdapat pengaruh positif dan signifikan bersama – sama antara motivasi belajar, aktivitas belajar dan teman sebaya terhadap kemampuan matematis mahasiswa dalam mata kuliah teori ekonomi mikro. Kata kunci : Aktivitas Belajar, Kemampuan Matematis, Motivasi Belajar, Teman Sebaya
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 27 Jul 2023 02:35 |
Last Modified: | 27 Jul 2023 02:35 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10079 |
Actions (login required)
View Item |