ANALISIS IMPLEMENTASI PENYELESAIAN KLAIM ASURANSI MITRA IQRA PLUS (Studi Kasus Pada PT Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera 1912 Cabang Tasikmalaya)

MEYUNI, YUSVIRA ISFA (2023) ANALISIS IMPLEMENTASI PENYELESAIAN KLAIM ASURANSI MITRA IQRA PLUS (Studi Kasus Pada PT Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera 1912 Cabang Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (45kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (208kB)
[img] Text
3. SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (196kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (94kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (171kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (184kB)
[img] Text
8. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (165kB)
[img] Text
9. DAFTAR TABEL.pdf

Download (88kB)
[img] Text
10. BAB I.pdf

Download (326kB)
[img] Text
11. BAB II.pdf

Download (513kB)
[img] Text
12. BAB III.pdf

Download (193kB)
[img] Text
13. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (358kB)
[img] Text
14. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img] Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (96kB)
[img] Text
16. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

PT Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera merupakan badan usaha bersama yang mengelola asuransi jiwa dengan prinsip syari'ah yang selalu berupaya untuk mengembangkan jasa produknya dibidang perasuransian. Namun di dalam pelaksanaannya, AJSB Bumiputera 1912 seringkali mengalami hambatan�hambatan pada saat penyelesaian klaim seperti lamanya proses pencairan klaim, nasabah yang tidak memahami dengan baik persyaratan dalam mengajukan klaim yang dapat menyebabkan klaim ditolak. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis implementasi penyelesaian klaim asuransi Mitra Iqra Plus (studi kasus pada PT Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera 1912 Cabang Tasikmalaya). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer hasil wawancara dengan karyawan dan para nasabah di PT asuransi jiwa syariah bumiputera 1912 cabang Tasikmalaya yang berjumlah 7 orang serta sumber data sekunder berupa arsip atau berkas-berkas dari perusahaan terkait. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menyatakan bahwa penyelesaian klaim pada PT Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera 1912 Cabang Tasikmalaya masih belum sempurna karena masih adanya nasabah yang tidak mematuhi aturan, baik dalam pemenuhan persyaratan klaim maupun prosedur nya. Namun pihak AJSB Bumiputera 1912 cabang Tasikmalaya sudah melakukannya dengan sebaik mungkin sesuai dengan peraturan yang ada. AJSB Bumiputera 1912 cabang Tasikmalaya juga terus memberi pemahaman terkait SOP pada nasabah serta mengevaluasi masalah lainnya dan akan diselesaikan secepat mungkin. Dengan demikian peneliti memberikan saran kepada perusahaan untuk memastikan kembali bahwa nasabah sudah memahami penjelasan yang diberikan petugas terkait penyelesaiam klaim. Kata kunci : Asuransi jiwa, pelaksanaan penyelesaian klaim asuransi jiwa

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 27 Jul 2023 02:24
Last Modified: 27 Jul 2023 02:24
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10024

Actions (login required)

View Item View Item