ANALISISBERPIKIR DIVERGEN PESERTA DIDIK DITINJAU DARI KECERDASAN LOGIS MATEMATIS

APRIANI, NADILA (2023) ANALISISBERPIKIR DIVERGEN PESERTA DIDIK DITINJAU DARI KECERDASAN LOGIS MATEMATIS. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (82kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (71kB)
[img] Text
4. SURAT PERNYATAAN KEASLIAN KARYA ILMIAH.pdf

Download (29kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (7kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (55kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (54kB)
[img] Text
8. BAB 1.pdf

Download (84kB)
[img] Text
9. BAB 2.pdf

Download (289kB)
[img] Text
10. BAB 3.pdf

Download (115kB)
[img] Text
11. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
12. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (78kB)
[img] Text
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan berpikir divergen peserta didik ditinjau dari kecerdasan logis matematis. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode eksploratif. Teknik pengumpulan data terdiri dari tes berpikir divergen, penyebaran angket kecerdasan logis matematis, dan wawancara. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu soal tes berpikir divergen dan angket kecerdasan logis matematis. Subjek dipilih dari peserta didik kelas VIII-C di SMP Negeri 2 Tasikmalaya yang berjumlah 3 peserta didik. Subjek yang dipilih yaitu peserta didik yang mampu menyelesaikan soal tes berpikir divergen sampai selesai tanpa melihat jawaban benar atau salah dan hasil angket kecerdasan logis matematis yang memenuhi kategori tinggi, sedang dan rendah, serta subjek kemampuan subjek dalam mengungkapkan gagasan atau ide secara verbal maupun tertulis. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa: (1) berpikir divergen subjek yang memiliki kecerdasan logis matematis tinggi (S-7) memenuhi semua indikator yaitu fluency, flexibility, originality dan elaboration dengan mengahsilkan jawaban yang benar dan tanpa mengalami kesulitan. (2) Berpikir divergen subjek yang memiliki kecerdasan logis matematis sedang (S-6) memenuhi semua indikator yaitu fluency, flexibility, originality dan elaboration dengan menghasilkan jawaban yang benar, namun pada indikator originality terdapat kekeliruan dalam penyelesaiannya (3) Berpikir divergen subjek yang memiliki kecerdasan logis matematis rendah (S-15) memenuhi semua indikator yaitu fluency, flexibility, originality dan elaboration, belum mampu menyelesaikan semua permasalahan yang dihadapi dengan benar. Pada indikator flexibility terdapat kekeliruan dalam penyelesaiannya dan pada indikator originality tidak dapat menjelaskan penyelesaianya. Kata kunci: Analisis, Berpikir Divergen, Kecerdasan Logis Matematis

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 25 Jul 2023 03:02
Last Modified: 25 Jul 2023 03:02
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10013

Actions (login required)

View Item View Item