ANALISIS EFISIENSI BATERAI LEAD ACID 24 V 17 Ah PADA SEPEDA LISTRIK YANG DIRANCANG BANGUN MENGGUNAKAN MOTOR 350 W DENGAN SISTEM PENGECASAN FOTOVOLTAIK

Sunandar, Adi (2023) ANALISIS EFISIENSI BATERAI LEAD ACID 24 V 17 Ah PADA SEPEDA LISTRIK YANG DIRANCANG BANGUN MENGGUNAKAN MOTOR 350 W DENGAN SISTEM PENGECASAN FOTOVOLTAIK. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (230kB)
[img] Text
3. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (418kB)
[img] Text
2. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (93kB)
[img] Text
4. ABSTRAK-1.pdf

Download (7kB)
[img] Text
5. ABSTRAK-2.pdf

Download (6kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (29kB)
[img] Text
8. DAFTAR ISI.pdf

Download (30kB)
[img] Text
10. DAFTAR TABEL.pdf

Download (320kB)
[img] Text
9. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (21kB)
[img] Text
11. BAB I.pdf

Download (19kB)
[img] Text
12. BAB II.pdf

Download (770kB)
[img] Text
13. BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
14. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (694kB)
[img] Text
15. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img] Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (128kB)
[img] Text
17. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Saat ini sepeda listrik yang beredar di pasaran masih menggunakan energi PLN untuk mengisi baterai, sehingga menambah biaya pengeluaran dan mengakibatkan bertambahnya emisi karbon yang dapat merusak atmosfer bumi. Untuk mengurangi hal tersebut, energi baru terbarukan dari energi matahari digunakan untuk sumber pengisian ulang baterai. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis laju pengisian dari fotovoltaik terhadap sepeda listrik sehingga mengetahui efisien atau tidak setelah penambahan fotovoltaik dan menganalisis besar efisiensi baterai Lead Acid 24 V 17 Ah terhadap motor DC 350 W yang digunakan dalam sepeda listrik. Metode kerja adalah penangkapan energi matahari melalui PV dan diteruskan ke Solar Charge Controller untuk mengontrol tegangan yang dialiarkan menuju baterai dan digunakan untuk menggerakan motor DC. Data hasil pengujian PV energi terbesar yaitu pada jam 11.30 dengan daya 24,82 W sebelum Solar Charge Controller dan 27 W setelah Solar Charge Controller. Pengujian efisiensi baterai dengan dan tanpa PV dengan parameter jarak efisiensi yang paling besar yaitu pada pengujian jarak 5 km sebesar 90% tanpa PV dan 92.9% dengan PV, berdasarkan parameter berat efisiensi terbesar yaitu beban 0 kg, 98% tanpa PV 101,8% dengan PV, berdasarkan parameter kecepatan efisiensi terbesar yaitu pada kecepatan 10 km/h dengan 95,8% tanpa PV 99,2% dengan PV. Dari hasil semua pengujian semakin banyak kapasitas dihabiskan semakin kecil nilai efisiensi dan sebaliknya. Kata Kunci : Baterai Lead Acid, Efisiensi Baterai, Motor DC, Panel Surya, Rancang Bangun Sepeda Listrik

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 25 Jul 2023 02:08
Last Modified: 25 Jul 2023 02:08
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10008

Actions (login required)

View Item View Item