ANALISIS KEAKTIFAN PESERTA DIDIK DALAM MATA PELAJARAN BIOLOGI MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN KONVENSIONAL DENGAN TRANSCRIPT BASED LESSON ANALYSIS (TBLA) DAN METODE OBSERVASI (Studi Kasus Di Kelas X SMAN 1 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024/2025)

Wulandari, Firly Maysa (2025) ANALISIS KEAKTIFAN PESERTA DIDIK DALAM MATA PELAJARAN BIOLOGI MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN KONVENSIONAL DENGAN TRANSCRIPT BASED LESSON ANALYSIS (TBLA) DAN METODE OBSERVASI (Studi Kasus Di Kelas X SMAN 1 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024/2025). Other thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 1. Cover.pdf] Text
1. Cover.pdf

Download (20kB)
[thumbnail of 2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (43kB)
[thumbnail of 3. Lembar Pertahanan.pdf] Text
3. Lembar Pertahanan.pdf

Download (33kB)
[thumbnail of 4. Lembar Keaslian Karya Ilmiah.pdf] Text
4. Lembar Keaslian Karya Ilmiah.pdf

Download (41kB)
[thumbnail of 5. Abstrak.pdf] Text
5. Abstrak.pdf

Download (7kB)
[thumbnail of 6. Abstrack.pdf] Text
6. Abstrack.pdf

Download (11kB)
[thumbnail of 7. Kata Pengantar.pdf] Text
7. Kata Pengantar.pdf

Download (114kB)
[thumbnail of 8. Ucapan Terima Kasih.pdf] Text
8. Ucapan Terima Kasih.pdf

Download (123kB)
[thumbnail of 9. Daftar Isi.pdf] Text
9. Daftar Isi.pdf

Download (475kB)
[thumbnail of 10. Daftar Tabel.pdf] Text
10. Daftar Tabel.pdf

Download (182kB)
[thumbnail of 11. Daftar Gambar.pdf] Text
11. Daftar Gambar.pdf

Download (286kB)
[thumbnail of 12.Daftar Lampiran.pdf] Text
12.Daftar Lampiran.pdf

Download (23kB)
[thumbnail of 13. BAB 1.pdf] Text
13. BAB 1.pdf

Download (229kB)
[thumbnail of 14. BAB 2.pdf] Text
14. BAB 2.pdf

Download (203kB)
[thumbnail of 15. BAB 3.pdf] Text
15. BAB 3.pdf

Download (126kB)
[thumbnail of 16. BAB 4.pdf] Text
16. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (454kB)
[thumbnail of 17. BAB 5.pdf] Text
17. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[thumbnail of 18. Daftar Pustaka.pdf] Text
18. Daftar Pustaka.pdf

Download (246kB)
[thumbnail of 19. Lampiran.pdf] Text
19. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 20. Daftar Riwayat Hidup.pdf] Text
20. Daftar Riwayat Hidup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)

Abstract

Berbagai metode pembelajaran modern telah dikembangkan dalam dunia pendidikan. Namun, di lapangan masih banyak sekolah yang menggunakan metode pembelajaran konvensional, khususnya dalam pembelajaran Biologi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keaktifan peserta didik dalam pembelajaran Biologi yang menggunakan metode pembelajaran konvensional dengan menggunakan Transcript-Based Lesson Analysis (TBLA) dan observasi aktivitas belajar. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan jenis studi kasus. Subjek penelitian adalah satu kelas X dan seorang guru Biologi di SMAN 1 Kota Tasikmalaya. Data dikumpulkan melalui dokumentasi video pembelajaran, transkripsi interaksi verbal, lembar observasi aktivitas belajar, dan wawancara verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan analisis TBLA, frekuensi percakapan peserta didik lebih tinggi dibandingkan guru, namun jumlah kata yang diucapkan guru jauh lebih banyak, sehingga interaksi cenderung tidak proporsional dari segi panjang ujaran. Sebagian besar respons peserta didik berupa jawaban singkat atas pertanyaan tertutup. Hasil observasi menunjukkan bahwa keaktifan peserta didik juga tercermin dari aktivitas nonverbal seperti mendengarkan, mengamati tayangan, dan mencatat, yang dilakukan hampir sepanjang pembelajaran. Simpulan penelitian ini adalah metode pembelajaran konvensional pada konteks penelitian ini menghasilkan keterlibatan peserta didik secara verbal maupun nonverbal, dengan peran guru dan peserta didik yang saling melengkapi dalam interaksi pembelajaran.

Kata Kunci: Keaktifan Peserta Didik. Metode Pembelajaran Konvensional, Metode Observasi, Pembelajaran Biologi, Transcript Based Lesson Analysis (TBLA)

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Lelis Marsidah
Date Deposited: 07 Nov 2025 03:25
Last Modified: 07 Nov 2025 03:25
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/991

Actions (login required)

View Item
View Item