Wulandari, Firly Maysa (2025) ANALISIS KEAKTIFAN PESERTA DIDIK DALAM MATA PELAJARAN BIOLOGI MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN KONVENSIONAL DENGAN TRANSCRIPT BASED LESSON ANALYSIS (TBLA) DAN METODE OBSERVASI (Studi Kasus Di Kelas X SMAN 1 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024/2025). Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. Cover.pdf
Download (20kB)
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (43kB)
3. Lembar Pertahanan.pdf
Download (33kB)
4. Lembar Keaslian Karya Ilmiah.pdf
Download (41kB)
5. Abstrak.pdf
Download (7kB)
6. Abstrack.pdf
Download (11kB)
7. Kata Pengantar.pdf
Download (114kB)
8. Ucapan Terima Kasih.pdf
Download (123kB)
9. Daftar Isi.pdf
Download (475kB)
10. Daftar Tabel.pdf
Download (182kB)
11. Daftar Gambar.pdf
Download (286kB)
12.Daftar Lampiran.pdf
Download (23kB)
13. BAB 1.pdf
Download (229kB)
14. BAB 2.pdf
Download (203kB)
15. BAB 3.pdf
Download (126kB)
16. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (454kB)
17. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8kB)
18. Daftar Pustaka.pdf
Download (246kB)
19. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
20. Daftar Riwayat Hidup.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (13kB)
Abstract
Berbagai metode pembelajaran modern telah dikembangkan dalam dunia pendidikan. Namun, di lapangan masih banyak sekolah yang menggunakan metode pembelajaran konvensional, khususnya dalam pembelajaran Biologi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keaktifan peserta didik dalam pembelajaran Biologi yang menggunakan metode pembelajaran konvensional dengan menggunakan Transcript-Based Lesson Analysis (TBLA) dan observasi aktivitas belajar. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan jenis studi kasus. Subjek penelitian adalah satu kelas X dan seorang guru Biologi di SMAN 1 Kota Tasikmalaya. Data dikumpulkan melalui dokumentasi video pembelajaran, transkripsi interaksi verbal, lembar observasi aktivitas belajar, dan wawancara verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan analisis TBLA, frekuensi percakapan peserta didik lebih tinggi dibandingkan guru, namun jumlah kata yang diucapkan guru jauh lebih banyak, sehingga interaksi cenderung tidak proporsional dari segi panjang ujaran. Sebagian besar respons peserta didik berupa jawaban singkat atas pertanyaan tertutup. Hasil observasi menunjukkan bahwa keaktifan peserta didik juga tercermin dari aktivitas nonverbal seperti mendengarkan, mengamati tayangan, dan mencatat, yang dilakukan hampir sepanjang pembelajaran. Simpulan penelitian ini adalah metode pembelajaran konvensional pada konteks penelitian ini menghasilkan keterlibatan peserta didik secara verbal maupun nonverbal, dengan peran guru dan peserta didik yang saling melengkapi dalam interaksi pembelajaran.
Kata Kunci: Keaktifan Peserta Didik. Metode Pembelajaran Konvensional, Metode Observasi, Pembelajaran Biologi, Transcript Based Lesson Analysis (TBLA)
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
| Depositing User: | Lelis Marsidah |
| Date Deposited: | 07 Nov 2025 03:25 |
| Last Modified: | 07 Nov 2025 03:25 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/991 |
