MAARIF, WAFIQ AZIZAH RAMDANI (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI VERBAL PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI (Studi Eksperimen di Kelas X SMA Negeri 3 Ciamis Tahun Ajaran 2023/2024). Other thesis, Universitas Siliwangi.
01. Cover.pdf
Download (97kB)
02. Lembar Pengesahan.pdf
Download (325kB)
03. Pernyataan Keaslian.pdf
Download (247kB)
04. Abstrak.pdf
Download (71kB)
05. Abstract.pdf
Download (135kB)
06. Kata Pengantar.pdf
Download (135kB)
07. Ucapan Terima Kasih.pdf
Download (140kB)
08. Daftar Isi.pdf
Download (74kB)
09. Daftar Tabel.pdf
Download (73kB)
10. Daftar Gambar.pdf
Download (72kB)
11. Daftar Lampiran.pdf
Download (76kB)
12. BAB I.pdf
Download (177kB)
13. BAB II.pdf
Download (404kB)
14. BAB III.pdf
Download (1MB)
15. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (482kB)
16. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (71kB)
17. Daftar Pustaka.pdf
Download (224kB)
18. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
19. Daftar Riwayat Hidup.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (79kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar kognitif dan kemampuan komunikasi verbal peserta didik kelas X SMA Negeri 3 Ciamis pada pembelajaran biologi. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain the matching-only posttest only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X SMA Negeri 3 Ciamis Tahun Ajaran 2023/2024 dengan jumlah 376 peserta didik terdiri dari 11 kelas. Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling yaitu kelas X-1 sebagai kelas eksperimen dan X-2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa tes hasil belajar kognitif dengan jumlah 30 soal pilihan majemuk dan tes kemampuan komunikasi verbal sebanyak 8 soal uraian. Hasil uji hipotesis menggunakan uji Independent Sample t Test nilai signifikansi hasil belajar kognitif sebesar 0,001 sehingga kesimpulan hipotesis yang didapat adalah Ho ditolak dan Ha diterima karena 0,001 < 0,05. Kemudian nilai signifikansi kemampuan komunikasi verbal sebesar 0,000 sehingga kesimpulan hipotesis yang didapat adalah Ho ditolak dan Ha diterima karena 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil analisis, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar kognitif dan kemampuan komunikasi verbal peserta didik pada pembelajaran biologi di kelas X SMA Negeri 3 Ciamis Tahun Ajaran 2023/2024.
Kata kunci: Problem Based Learning, Hasil Belajar Kognitif, Kemampuan Komunikasi Verbal
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
| Depositing User: | Lelis Marsidah |
| Date Deposited: | 07 Nov 2025 01:10 |
| Last Modified: | 07 Nov 2025 01:10 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/948 |
