Wulansari, Gita (2025) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS IKLAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL CONTEXTUAL, TEACHING, AND LEARNING (CTL) (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII SMPN 3 Cisayong Tahun Ajaran 2024/2025). Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (160kB)
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (140kB)
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Download (61kB)
4. ABSTRAK.pdf
Download (217kB)
5. KATA PENGANTAR.pdf
Download (193kB)
6. DAFTAR ISI.pdf
Download (199kB)
7. BAB I.pdf
Download (234kB)
8. BAB II.pdf
Download (377kB)
9. BAB III.pdf
Download (330kB)
10. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (451kB)
11. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (210kB)
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (174kB)
13. BIODATA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (118kB)
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Kompetensi yang harus dikuasai peserta didik kelas VIII salah satunya adalah menulis teks iklan. Namun di SMP Negeri 3 Cisayong, masih banyak peserta didik yang belum menguasai kompetensi tersebut sehingga belum mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dapat atau tidaknya model pembelajaran Contextual Teaching and Learning yang dikombinasikan dengan pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) dalam meningkatkan kemampuan menulis teks iklan pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Cisayong. Pendekatan CRT digunakan untuk mengaitkan materi pembelajaran dengan latar belakang budaya, lingkungan sosial, dan pengalaman hidup peserta didik, sehingga mereka lebih mudah memahami konteks dan pesan dalam teks iklan. Metode penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan teknik penelitian yang digunakan adalah tes, observasi, dan wawancara. Sumber data penelitian ini yaitu peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Cisayong sebanyak 32 orang. Berdasarkan pengolahan data yang telah dilakukan, diketahui bahwa pada siklus kesatu menulis teks iklan terdapat peserta didik yang telah mencapai KKTP 14 orang (44%), sedangkan yang belum mencapai KKTP 18 orang (56%). Pada siklus kedua pembelajaran menulis teks iklan yang telah mencapai KKTP 32 orang (100%) dengan Kriteria Ketentusan Tujuan Pembelajaran (KKTP) yaitu 77. Uji normalitas menunjukkan bahwa data berdistribusi tidak normal, sehingga untuk uji beda nilai rata-rata digunakan uji Wilcoxon dengan hasil Whitung (0) ≤ Wtabel (0,01). Artinya, terdapat peningkatan antara hasil pembelajaran siklus I dan II. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Contextual, Teaching, and Learning yang diperkaya dengan Culturally Responsive Teaching (CRT) efektif dalam dapat meningkatkan kemampuan menulis teks iklan pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Cisayong tuhun ajaran 2024/2025. Dengan demikian hipotesis penelitian dapat diterima dan dibuktikan kebenarannya.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
| Depositing User: | Lelis Marsidah |
| Date Deposited: | 06 Nov 2025 04:29 |
| Last Modified: | 06 Nov 2025 04:29 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/927 |
