PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS IKLAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL CONTEXTUAL, TEACHING, AND LEARNING (CTL) (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII SMPN 3 Cisayong Tahun Ajaran 2024/2025)

Wulansari, Gita (2025) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS IKLAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL CONTEXTUAL, TEACHING, AND LEARNING (CTL) (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII SMPN 3 Cisayong Tahun Ajaran 2024/2025). Other thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (160kB)
[thumbnail of 2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (140kB)
[thumbnail of 3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (61kB)
[thumbnail of 4. ABSTRAK.pdf] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (217kB)
[thumbnail of 5. KATA PENGANTAR.pdf] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (193kB)
[thumbnail of 6. DAFTAR ISI.pdf] Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (199kB)
[thumbnail of 7. BAB I.pdf] Text
7. BAB I.pdf

Download (234kB)
[thumbnail of 8. BAB II.pdf] Text
8. BAB II.pdf

Download (377kB)
[thumbnail of 9. BAB III.pdf] Text
9. BAB III.pdf

Download (330kB)
[thumbnail of 10. BAB IV.pdf] Text
10. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (451kB)
[thumbnail of 11. BAB V.pdf] Text
11. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (210kB)
[thumbnail of 12. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (174kB)
[thumbnail of 13. BIODATA.pdf] Text
13. BIODATA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (118kB)
[thumbnail of 14. LAMPIRAN.pdf] Text
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kompetensi yang harus dikuasai peserta didik kelas VIII salah satunya adalah menulis teks iklan. Namun di SMP Negeri 3 Cisayong, masih banyak peserta didik yang belum menguasai kompetensi tersebut sehingga belum mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dapat atau tidaknya model pembelajaran Contextual Teaching and Learning yang dikombinasikan dengan pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) dalam meningkatkan kemampuan menulis teks iklan pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Cisayong. Pendekatan CRT digunakan untuk mengaitkan materi pembelajaran dengan latar belakang budaya, lingkungan sosial, dan pengalaman hidup peserta didik, sehingga mereka lebih mudah memahami konteks dan pesan dalam teks iklan. Metode penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan teknik penelitian yang digunakan adalah tes, observasi, dan wawancara. Sumber data penelitian ini yaitu peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Cisayong sebanyak 32 orang. Berdasarkan pengolahan data yang telah dilakukan, diketahui bahwa pada siklus kesatu menulis teks iklan terdapat peserta didik yang telah mencapai KKTP 14 orang (44%), sedangkan yang belum mencapai KKTP 18 orang (56%). Pada siklus kedua pembelajaran menulis teks iklan yang telah mencapai KKTP 32 orang (100%) dengan Kriteria Ketentusan Tujuan Pembelajaran (KKTP) yaitu 77. Uji normalitas menunjukkan bahwa data berdistribusi tidak normal, sehingga untuk uji beda nilai rata-rata digunakan uji Wilcoxon dengan hasil Whitung (0) ≤ Wtabel (0,01). Artinya, terdapat peningkatan antara hasil pembelajaran siklus I dan II. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Contextual, Teaching, and Learning yang diperkaya dengan Culturally Responsive Teaching (CRT) efektif dalam dapat meningkatkan kemampuan menulis teks iklan pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Cisayong tuhun ajaran 2024/2025. Dengan demikian hipotesis penelitian dapat diterima dan dibuktikan kebenarannya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Lelis Marsidah
Date Deposited: 06 Nov 2025 04:29
Last Modified: 06 Nov 2025 04:29
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/927

Actions (login required)

View Item
View Item