Istiqomah, Silfa Milatul (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 15 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024/2025). Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (255kB)
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (312kB)
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Download (314kB)
4. ABSTRAK.pdf
Download (272kB)
5. KATA PENGANTAR.pdf
Download (254kB)
6. DAFTAR-DAFTAR.pdf
Download (312kB)
7. BAB 1.pdf
Download (345kB)
8. BAB 2.pdf
Download (477kB)
9. BAB 3.pdf
Download (504kB)
10. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (884kB)
11. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (270kB)
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (239kB)
13. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (183kB)
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (10MB)
Abstract
Penerapan kurikulum merdeka dalam pendidikan menuntut guru untuk lebih inovatif menggunakan model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Think Talk Write terhadap kemampuan menulis teks berita pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 15 Tasikmalaya tahun ajaran 2024/2025. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode eksperimen semu. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara, teknik observasi, dan teknik tes. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas VII E sebagai kelas eskperimen dan peserta didik kelas VII F sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian, rata-rata nilai yang diperoleh peserta didik kelas eksperimen pada pembelajaran menulis teks berita adalah 49,63 (pre-test) dan 85,45 (post-test). Rata-rata nilai yang diperoleh peserta didik kelas kontrol pada pembelajaran menulis teks berita adalah 45,76 (pre-test) dan 80,37 (post test). Selisih nilai rata-rata pre-test dan post-test kelas eksperimen sebesar 35,82, sedangkan selisih nilai rata-rata pre-test dan post-test kelas kontrol sebesar 34,61. Hasil uji Wilcoxon menunjukkan bahwa nilai Asymp. Sig. 0,000 < 0,05. Hal tersebut membuktikan bahwa hipotesis penelitian ini dapat diterima. Rata-rata nilai N-Gain pada pembelajaran menulis teks berita di kelas eksperimen sebesar 0,7 berkategori tinggi, sedangkan pada pembelajaran menulis teks berita di kelas kontrol sebesar 0,6 berkategori sedang. Hal tersebut menunjukkan bahwa model pembelajaran Think Talk Write berpengaruh secara siginifikan terhadap kemampuan menulis teks berita pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 15 Tasikmalaya tahun ajaran 2024/2025.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
| Depositing User: | Lelis Marsidah |
| Date Deposited: | 06 Nov 2025 04:08 |
| Last Modified: | 06 Nov 2025 04:08 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/918 |
