PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 15 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024/2025)

Istiqomah, Silfa Milatul (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 15 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024/2025). Other thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (255kB)
[thumbnail of 2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (312kB)
[thumbnail of 3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (314kB)
[thumbnail of 4. ABSTRAK.pdf] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (272kB)
[thumbnail of 5. KATA PENGANTAR.pdf] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (254kB)
[thumbnail of 6. DAFTAR-DAFTAR.pdf] Text
6. DAFTAR-DAFTAR.pdf

Download (312kB)
[thumbnail of 7. BAB 1.pdf] Text
7. BAB 1.pdf

Download (345kB)
[thumbnail of 8. BAB 2.pdf] Text
8. BAB 2.pdf

Download (477kB)
[thumbnail of 9. BAB 3.pdf] Text
9. BAB 3.pdf

Download (504kB)
[thumbnail of 10. BAB 4.pdf] Text
10. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (884kB)
[thumbnail of 11. BAB 5.pdf] Text
11. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (270kB)
[thumbnail of 12. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (239kB)
[thumbnail of 13. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf] Text
13. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (183kB)
[thumbnail of 14. LAMPIRAN.pdf] Text
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Penerapan kurikulum merdeka dalam pendidikan menuntut guru untuk lebih inovatif menggunakan model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Think Talk Write terhadap kemampuan menulis teks berita pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 15 Tasikmalaya tahun ajaran 2024/2025. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode eksperimen semu. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara, teknik observasi, dan teknik tes. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas VII E sebagai kelas eskperimen dan peserta didik kelas VII F sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian, rata-rata nilai yang diperoleh peserta didik kelas eksperimen pada pembelajaran menulis teks berita adalah 49,63 (pre-test) dan 85,45 (post-test). Rata-rata nilai yang diperoleh peserta didik kelas kontrol pada pembelajaran menulis teks berita adalah 45,76 (pre-test) dan 80,37 (post test). Selisih nilai rata-rata pre-test dan post-test kelas eksperimen sebesar 35,82, sedangkan selisih nilai rata-rata pre-test dan post-test kelas kontrol sebesar 34,61. Hasil uji Wilcoxon menunjukkan bahwa nilai Asymp. Sig. 0,000 < 0,05. Hal tersebut membuktikan bahwa hipotesis penelitian ini dapat diterima. Rata-rata nilai N-Gain pada pembelajaran menulis teks berita di kelas eksperimen sebesar 0,7 berkategori tinggi, sedangkan pada pembelajaran menulis teks berita di kelas kontrol sebesar 0,6 berkategori sedang. Hal tersebut menunjukkan bahwa model pembelajaran Think Talk Write berpengaruh secara siginifikan terhadap kemampuan menulis teks berita pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 15 Tasikmalaya tahun ajaran 2024/2025.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Lelis Marsidah
Date Deposited: 06 Nov 2025 04:08
Last Modified: 06 Nov 2025 04:08
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/918

Actions (login required)

View Item
View Item