Annisa, Amelia Nurfitri (2025) ANALISIS STRUKTUR DAN KEBAHASAAN TEKS BERITA DALAM RRI.CO.ID SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR TEKS BERITA (Analisis Deskriptif Kesesuaian Teks Berita sebagai Alternatif Bahan Ajar di Fase D). Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (217kB)
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (329kB)
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Download (431kB)
4. ABSTRAK.pdf
Download (183kB)
5. KATA PENGANTAR.pdf
Download (304kB)
6. DAFTAR-DAFTAR.pdf
Download (223kB)
7. BAB 1.pdf
Download (325kB)
8. BAB 2.pdf
Download (605kB)
9. BAB 3.pdf
Download (878kB)
10. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
11. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (186kB)
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (307kB)
13. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (14kB)
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (27MB)
Abstract
Teks berita menjadi salah satu materi Bahasa Indonesia yang harus dipelajari oleh peserta didik Fase D. Dalam proses pembelajaran, bahan ajar yang digunakan hendaknya bervariatif dan harus sesuai dengan keterbacaan peserta didik. Namun, ketersediaan bahan ajar yang bervariatif belum sepenuhnya dilakukan guru. Guru masih berfokus pada buku paket sedangkan dalam tuntutan kurikulum merdeka, bahan ajar hendaknya bervariasi sesuai dengan minat peserta didik. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk melakukan penelitian mengenai bahan ajar teks berita. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dapat atau tidaknya teks berita yang terdapat dalam RRI.co.id edisi Mei dan Juni 2024 dijadikan sebagai alternatif bahan ajar teks berita di Fase D. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitis. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui teknik wawancara, dokumen dan teknik tes. Hasil analisis menunjukan bahwa 8 teks berita sesuai dengan keterbacaan peserta didik Fase D, memiliki struktur, unsur dan kebahasaan sesuai dengan tujuan pembelajaran kelas VII, sesuai dengan kriteria bahan ajar, sesuai dengan kurikulum merdeka serta hasil uji coba. Bedasarkan hasil uji validasi modul oleh empat ahli yaitu guru Bahasa Indonesia dan dosen ahli bahan ajar menunjukan skor akhir validasi di angka 96,1% dengan kategori sangat valid. Dengan demikian, modul dapat digunakan sebagai alternatif bahan ajar teks berita untuk jenjang Fase D.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
| Depositing User: | Lelis Marsidah |
| Date Deposited: | 06 Nov 2025 04:04 |
| Last Modified: | 06 Nov 2025 04:04 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/917 |
