PENINGKATAN KEMAMPUAN MENELAAH STRUKTUR DAN ASPEK KEBAHASAAN TEKS CERITA PENDEK DENGAN MODEL TALKING STICK (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas IX MTs Mathlaul Khaer Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024/2025)

Sri, De (2025) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENELAAH STRUKTUR DAN ASPEK KEBAHASAAN TEKS CERITA PENDEK DENGAN MODEL TALKING STICK (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas IX MTs Mathlaul Khaer Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024/2025). Other thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 1. Cover.pdf] Text
1. Cover.pdf

Download (186kB)
[thumbnail of 2. Lembar Pengesahan.pdf] Text
2. Lembar Pengesahan.pdf

Download (394kB)
[thumbnail of 3. Lembar Pernyataan.pdf] Text
3. Lembar Pernyataan.pdf

Download (368kB)
[thumbnail of 4. Abstrak.pdf] Text
4. Abstrak.pdf

Download (178kB)
[thumbnail of 5. Kata Pengantar.pdf] Text
5. Kata Pengantar.pdf

Download (299kB)
[thumbnail of 6. Daftar Isi.pdf] Text
6. Daftar Isi.pdf

Download (205kB)
[thumbnail of 7. Daftar Tabel.pdf] Text
7. Daftar Tabel.pdf

Download (433kB)
[thumbnail of 8. Daftar Gambar.pdf] Text
8. Daftar Gambar.pdf

Download (313kB)
[thumbnail of 9. Daftar Grafik.pdf] Text
9. Daftar Grafik.pdf

Download (175kB)
[thumbnail of 10. Daftar Lampiran.pdf] Text
10. Daftar Lampiran.pdf

Download (175kB)
[thumbnail of 11. Bab I.pdf] Text
11. Bab I.pdf

Download (342kB)
[thumbnail of 12. Bab II.pdf] Text
12. Bab II.pdf

Download (612kB)
[thumbnail of 13. Bab III.pdf] Text
13. Bab III.pdf

Download (815kB)
[thumbnail of 14. Bab IV.pdf] Text
14. Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (861kB)
[thumbnail of 15. Bab V.pdf] Text
15. Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (180kB)
[thumbnail of 16. Daftar Pustaka.pdf] Text
16. Daftar Pustaka.pdf

Download (182kB)
[thumbnail of 17. Riwayat Hidup.pdf] Text
17. Riwayat Hidup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (185kB)
[thumbnail of 18. Lampiran.pdf] Text
18. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Kompetensi dasar 3.2 Menelaah struktur dan aspek kebahasaan (berupa) teks cerita pendek, buku paket, novel, komik atau pergi kesuatu tempat) yang didengar atau dibaca. Berdasarkan kurikulum 2013 revisi. Meskipun demikian, masih banyak peserta didik yang belum mampu menelaah struktur dan aspek kebahasaan teks cerita pendek secara baik dan benar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menelaah struktur dan aspek kebahasaan dengan menggunakan model pembelajaran Talking Stick pada peserta didik kelas IX MTs Mathlaul Khaer tahun ajaran 2024/2025. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah observasi, teknik tes, dan teknik wawancara. Berdasarkan hasil pengolahan data diketahui bahwa KD 3.2 pada siklus I dalam menelaah struktur dan aspek kebahasaan teks cerita pendek peserta didik yang sudah mencapai KKM sebanyak 9 orang (52,9%) sedangkan yang belum mencapai KKM 8 orang (47%). Pada siklus II dalam menelaah struktur dan aspek kebahasaan teks cerita pendek semua peserta didik sudah mencapai KKM sebanyak 17 orang (100%). Hasil perhitungan (uji wilcoxon) menunjukkan bahwa Whitung lebih besar daripada nilai Wtable yaitu W = 0 < W 5% (0,05) 17 = 35. Penulis menyimpulkan bahwa pembelajaran yang dilaksanakan berhasil. Berdasarkan data tersebut, Artinya, hipotesis penelitian ini, yaitu model pembelajaran Talking stick dalam pembelajaran materi menelaah struktur dan asepek kebahasaan teks cerita pendek dapat diterima dan terbukti kebenarannya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Lelis Marsidah
Date Deposited: 06 Nov 2025 02:16
Last Modified: 06 Nov 2025 02:16
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/882

Actions (login required)

View Item
View Item