MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGANALIS STRUKTUR DAN KAIDAH KEBAHASAAN SERTA MENGONSTRUKSI TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI DENGAN MEENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas X SMA KHZ MUSTHAFA Sukamanah Tahun Ajaran 2019/2020)

Sulastri, Sri (2023) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGANALIS STRUKTUR DAN KAIDAH KEBAHASAAN SERTA MENGONSTRUKSI TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI DENGAN MEENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas X SMA KHZ MUSTHAFA Sukamanah Tahun Ajaran 2019/2020). Other thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 01 COVER.pdf] Text
01 COVER.pdf

Download (22kB)
[thumbnail of 02 LEMBAR PENGSAHAN.pdf] Text
02 LEMBAR PENGSAHAN.pdf

Download (449kB)
[thumbnail of 03 LEMBAR PERNYATAAN.pdf] Text
03 LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (730kB)
[thumbnail of 04 ABSTRAK.pdf] Text
04 ABSTRAK.pdf

Download (16kB)
[thumbnail of 05 KATA PENGANTAR.pdf] Text
05 KATA PENGANTAR.pdf

Download (68kB)
[thumbnail of 06 DAFTAR ISI.pdf] Text
06 DAFTAR ISI.pdf

Download (33kB)
[thumbnail of 07 DAFTAR TABEL.pdf] Text
07 DAFTAR TABEL.pdf

Download (13kB)
[thumbnail of 08 DAFTAR GAMBAR.pdf] Text
08 DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (5kB)
[thumbnail of 09 DAFTAR GRAFIK.pdf] Text
09 DAFTAR GRAFIK.pdf

Download (6kB)
[thumbnail of 10 DAFTAR LAMPIRAN.pdf] Text
10 DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (7kB)
[thumbnail of 11 BAB 1.pdf] Text
11 BAB 1.pdf

Download (121kB)
[thumbnail of 12 BAB 2.pdf] Text
12 BAB 2.pdf

Download (275kB)
[thumbnail of 13 BAB 3.pdf] Text
13 BAB 3.pdf

Download (220kB)
[thumbnail of 14 BAB 4.pdf] Text
14 BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (897kB)
[thumbnail of 15 BAB 5.pdf] Text
15 BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[thumbnail of 16 DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
16 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (15kB)
[thumbnail of 17 DRH.pdf] Text
17 DRH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (64kB)
[thumbnail of 18 LAMPIRAN.pdf] Text
18 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kurikulum 2013 edisi revisi memuat beberapa kompetensi inti dan kompetensi dasar, salah satu kompetesni dasar yang harus dikuasai peserta didik kelas X SMA/MA yaitu kompetensi dasar 3.2 Menganalisis isi dan aspek kebahasaan dari minimal dua teks laporan hasil observasi dan kompetensi dasar 4.2 mengontruksi teks laporan hasil observasi dengan memerhatikan isi dan aspek kebahasaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dapat atau tidaknya model pembelajaran Think Talk Write meningkatkan kemampuan menganalisis dan mengontruksi teks laporan hasil observasi pada peserta didik kelas X SMA KHZ Musthafa Sukamanah tahun ajaran 2019/2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas. Penelitian dilakukan dua siklus. Setiap siklus terdapat empat tahap yaitu (1) tahap perencanaan (2) tahap pelaksanaan, (3) tahap pengamatan, (4) tahap refleksi. Berdasarkan hasil pengolahan data diketahui bahwa pada siklus kesatu, pada aspek pengetahuan terdapat peserta didik yang belum mencapai KKM yaitu sebanyak sebanyak 15 orang (62,5%) dan yang mencapai KKM sebanyak 9 orang (37,5). Pada aspek keterampilan terdapat peserta didik yang belum mencapai KKM sebanyak 17 orang (79%) dan yang mencapai KKM sebanyak 7 orang (21%). Baik pada aspek pengetahuan maupun pada aspek keterampilan semua peserta didik, 24 orang (100%) sudah mencapai KKM. Penulis menyimpulkan bahwa hipotesis dalam penelitian ini dapat diterima. Artinya model pembelajaran Think Talk Write dapat meningkatkan kemampuan menganslisis dan mengontruksi teks laporan hasil observasi pada peserta didik kelas X SMA KHZ MUSTHAFA Sukamanah Kabupaten Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Lelis Marsidah
Date Deposited: 06 Nov 2025 02:06
Last Modified: 06 Nov 2025 02:06
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/879

Actions (login required)

View Item
View Item