IMPLEMENTASI ALGORIMA FISHER-YATES SHUFFLE DAN BRUTE FORCE PADA PERMAINAN EDUKASI BERBASIS ANDROID

Firmansyah, Faldi Ramadhan (2025) IMPLEMENTASI ALGORIMA FISHER-YATES SHUFFLE DAN BRUTE FORCE PADA PERMAINAN EDUKASI BERBASIS ANDROID. Other thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (161kB)
[thumbnail of 2. PENGESAHAN.pdf] Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (298kB)
[thumbnail of 3. PENGUJI.pdf] Text
3. PENGUJI.pdf

Download (282kB)
[thumbnail of 4. PERNYATAAN.pdf] Text
4. PERNYATAAN.pdf

Download (281kB)
[thumbnail of 5. ABSTRAK.pdf] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (254kB)
[thumbnail of 6. MOTTO.pdf] Text
6. MOTTO.pdf

Download (205kB)
[thumbnail of 7. KATA PENGANTAR.pdf] Text
7. KATA PENGANTAR.pdf

Download (264kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR ISI.pdf] Text
8. DAFTAR ISI.pdf

Download (313kB)
[thumbnail of 9. BAB I.pdf] Text
9. BAB I.pdf

Download (228kB)
[thumbnail of 10. BAB II.pdf] Text
10. BAB II.pdf

Download (535kB)
[thumbnail of 11. BAB III.pdf] Text
11. BAB III.pdf

Download (279kB)
[thumbnail of 12. BAB IV.pdf] Text
12. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 13. BAB V.pdf] Text
13. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (211kB)
[thumbnail of 14. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (226kB)
[thumbnail of 15. LAMPIRAN.pdf] Text
15. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Pesatnya perkembangan teknologi telah mendorong meluasnya penggunaan perangkat mobile oleh anak-anak untuk bermain game. Untuk memadukan hiburan dengan pendidikan, penelitian ini mengembangkan game edukasi berbasis Android bernama "Dinosawr," yang mengenalkan berbagai jenis dinosaurus melalui permainan puzzle. Algoritma Fisher-Yates Shuffle digunakan untuk mengacak posisi objek puzzle, menciptakan variasi yang menantang dan dinamis setiap kali permainan dimulai. Algoritma Brute Force diterapkan untuk mencocokkan objek dengan pasangannya secara akurat, meningkatkan interaktivitas dan pembelajaran. Pengujian ahli media memastikan desain visual, interaktivitas, dan keefektifan media dalam menyampaikan informasi, sedangkan pengujian ahli materi mengevaluasi kedalaman dan relevansi konten yang disajikan. Uji coba pada pengguna menunjukkan bahwa game ini efektif dan menarik sebagai media pembelajaran, dengan skor System Usability Scale (SUS) sebesar 77,82 yang termasuk dalam kategori "Acceptable" dan "Excellent" dalam Adjective Ratings.

Kata Kunci: Game Edukasi, Android, Algoritma, Puzzle, Usability.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika
Depositing User: Lelis Marsidah
Date Deposited: 05 Nov 2025 01:10
Last Modified: 05 Nov 2025 01:10
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/792

Actions (login required)

View Item
View Item