VISUALISASI INTERAKTIF SITUS ASTANA GEDE KAWALI BERBASIS IMMERSIVE EXPERIENCE

Ramdani, Yusup Mochamad (2025) VISUALISASI INTERAKTIF SITUS ASTANA GEDE KAWALI BERBASIS IMMERSIVE EXPERIENCE. Other thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 1. Cover.pdf] Text
1. Cover.pdf

Download (238kB)
[thumbnail of 2. Lembar Pengesahan.pdf] Text
2. Lembar Pengesahan.pdf

Download (546kB)
[thumbnail of 3. Lembar Penguji.pdf] Text
3. Lembar Penguji.pdf

Download (608kB)
[thumbnail of 4. Lembar Pernyataan.pdf] Text
4. Lembar Pernyataan.pdf

Download (675kB)
[thumbnail of 5. Abstrak.pdf] Text
5. Abstrak.pdf

Download (160kB)
[thumbnail of 6. Kata Pengantar.pdf] Text
6. Kata Pengantar.pdf

Download (549kB)
[thumbnail of 7. Daftar Isi.pdf] Text
7. Daftar Isi.pdf

Download (142kB)
[thumbnail of 8. Daftar Tabel.pdf] Text
8. Daftar Tabel.pdf

Download (142kB)
[thumbnail of 9. Daftar Gambar.pdf] Text
9. Daftar Gambar.pdf

Download (149kB)
[thumbnail of 10. Bab I.pdf] Text
10. Bab I.pdf

Download (146kB)
[thumbnail of 11. Bab II.pdf] Text
11. Bab II.pdf

Download (202kB)
[thumbnail of 12. Bab III.pdf] Text
12. Bab III.pdf

Download (164kB)
[thumbnail of 13. Bab IV.pdf] Text
13. Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (32MB)
[thumbnail of 14. Bab V.pdf] Text
14. Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (114kB)
[thumbnail of 15. Daftar Pustaka.pdf] Text
15. Daftar Pustaka.pdf

Download (140kB)
[thumbnail of 16. Lampiran.pdf] Text
16. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Astana Gede Kawali merupakan situs warisan budaya yang memiliki potensi besar untuk dikembangkan menjadi destinasi eduwisata di Kabupaten Ciamis. Penelitian ini bertujuan untuk pengembangan aplikasi Virtual Reality (VR) berbasis Immersive Experience yang dapat memungkinkan pengguna menjelajahi situs Astana Gede Kawali secara virtual tanpa kehadiran fisik. Pengalaman Immersive yang disajikan memungkinkan pengguna merasakan suasana lebih mendalam dan realistis ketika mengeksplor aplikasi Virtual Tour, melalui visualisasi lingkungan 3D yang interaktif, narasi informatif, serta spatial audio yang dapat membuat suasana pada aplikasi lebih realistis. Pengembangan aplikasi ini dilakukan menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC), meliputi tahap konsep, desain, pengumpulan materi, pembuatan, pengujian, dan pendistribusian. Pengujian pada penelitian ini dilakukan menggunakan Blackbox Testing untuk menguji fungsionalitas aplikasi, serta penyebaran kueisioner USE Questionnaire kepada 40 responden guna mengevaluasi pengalaman pengguna. Hasil evaluasi menunjukan bahwa aplikasi yang dibuat memiliki tingkat kegunaan dan kepuasan pengguna yang tinggi dengan nilai persentase sebesar 0,085 atau 85%, khususnya pada aspek kemudahan akses dan penyajian informasi. Penelitian ini berkontribusi terhadap pelestarian budaya serta memberikan media edukasi berbasis teknologi VR yang inovatif.

Kata Kunci: Astana Gede Kawali, Immersive Experience, MDLC, USE Questionnaire, Virtual Reality.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika
Depositing User: Lelis Marsidah
Date Deposited: 04 Nov 2025 06:51
Last Modified: 04 Nov 2025 06:51
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/764

Actions (login required)

View Item
View Item