Ramdani, Yusup Mochamad (2025) VISUALISASI INTERAKTIF SITUS ASTANA GEDE KAWALI BERBASIS IMMERSIVE EXPERIENCE. Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. Cover.pdf
Download (238kB)
2. Lembar Pengesahan.pdf
Download (546kB)
3. Lembar Penguji.pdf
Download (608kB)
4. Lembar Pernyataan.pdf
Download (675kB)
5. Abstrak.pdf
Download (160kB)
6. Kata Pengantar.pdf
Download (549kB)
7. Daftar Isi.pdf
Download (142kB)
8. Daftar Tabel.pdf
Download (142kB)
9. Daftar Gambar.pdf
Download (149kB)
10. Bab I.pdf
Download (146kB)
11. Bab II.pdf
Download (202kB)
12. Bab III.pdf
Download (164kB)
13. Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (32MB)
14. Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (114kB)
15. Daftar Pustaka.pdf
Download (140kB)
16. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (12MB)
Abstract
Astana Gede Kawali merupakan situs warisan budaya yang memiliki potensi besar untuk dikembangkan menjadi destinasi eduwisata di Kabupaten Ciamis. Penelitian ini bertujuan untuk pengembangan aplikasi Virtual Reality (VR) berbasis Immersive Experience yang dapat memungkinkan pengguna menjelajahi situs Astana Gede Kawali secara virtual tanpa kehadiran fisik. Pengalaman Immersive yang disajikan memungkinkan pengguna merasakan suasana lebih mendalam dan realistis ketika mengeksplor aplikasi Virtual Tour, melalui visualisasi lingkungan 3D yang interaktif, narasi informatif, serta spatial audio yang dapat membuat suasana pada aplikasi lebih realistis. Pengembangan aplikasi ini dilakukan menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC), meliputi tahap konsep, desain, pengumpulan materi, pembuatan, pengujian, dan pendistribusian. Pengujian pada penelitian ini dilakukan menggunakan Blackbox Testing untuk menguji fungsionalitas aplikasi, serta penyebaran kueisioner USE Questionnaire kepada 40 responden guna mengevaluasi pengalaman pengguna. Hasil evaluasi menunjukan bahwa aplikasi yang dibuat memiliki tingkat kegunaan dan kepuasan pengguna yang tinggi dengan nilai persentase sebesar 0,085 atau 85%, khususnya pada aspek kemudahan akses dan penyajian informasi. Penelitian ini berkontribusi terhadap pelestarian budaya serta memberikan media edukasi berbasis teknologi VR yang inovatif.
Kata Kunci: Astana Gede Kawali, Immersive Experience, MDLC, USE Questionnaire, Virtual Reality.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Informatika |
| Depositing User: | Lelis Marsidah |
| Date Deposited: | 04 Nov 2025 06:51 |
| Last Modified: | 04 Nov 2025 06:51 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/764 |
