PEMBUATAN APLIKASI AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PROMOSI UNTUK NINGRUM BAKERY

Ro’yu, Sandy Akbar Cita (2025) PEMBUATAN APLIKASI AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PROMOSI UNTUK NINGRUM BAKERY. Other thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 1 COVER.pdf] Text
1 COVER.pdf

Download (102kB)
[thumbnail of 2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (250kB)
[thumbnail of 3 LEMBAR PENGUJI.pdf] Text
3 LEMBAR PENGUJI.pdf

Download (229kB)
[thumbnail of 4 LEMBAR PERNYATAAN.pdf] Text
4 LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (299kB)
[thumbnail of 5 ABSTRAK.pdf] Text
5 ABSTRAK.pdf

Download (13kB)
[thumbnail of 6 KATA PENGANTAR.pdf] Text
6 KATA PENGANTAR.pdf

Download (419kB)
[thumbnail of 7 DAFTAR ISI TABEL GAMBAR LAMPIRAN.pdf] Text
7 DAFTAR ISI TABEL GAMBAR LAMPIRAN.pdf

Download (113kB)
[thumbnail of 8 BAB 1.pdf] Text
8 BAB 1.pdf

Download (24kB)
[thumbnail of 9 BAB 2.pdf] Text
9 BAB 2.pdf

Download (522kB)
[thumbnail of 10 BAB 3.pdf] Text
10 BAB 3.pdf

Download (270kB)
[thumbnail of 11 BAB 4.pdf] Text
11 BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 12 BAB 5.pdf] Text
12 BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[thumbnail of 13 DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
13 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (143kB)
[thumbnail of 14 LAMPIRAN.pdf] Text
14 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 15 SOURCE CODE.pdf] Text
15 SOURCE CODE.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)

Abstract

Dalam era digital saat ini, pemanfaatan teknologi informasi menjadi hal yang penting dalam strategi pemasaran, termasuk bagi pelaku usaha mikro seperti Ningrum Bakery. Saat ini, Ningrum Bakery masih mengandalkan promosi melalui penyebaran selembaran brosur dan penyebaran di media sosial seperti Instagram, yang hanya menampilkan gambar dua dimensi. Hal ini menyulitkan konsumen dalam memahami detail produk, seperti bentuk dan informasi spesifik lainnya, sehingga sering terjadi kesalahan dalam memilih produk yang dipesan. Penelitian ini bertujuan untuk membangun aplikasi media promosi kue Ningrum Bakery menggunakan teknologi Augmented Reality dengan metode Markerless. Aplikasi media promosi Ningrum Bakery ini dibuat untuk platform android dengan menggunakan metode pengembangan aplikasi MDLC (Multimedia Development Life Cycle). Augmented Reality bisa menjadi suatu inovasi metode promosi yang baru. Berdasarkan hasil pengujian menggunakan System Usability Scale (SUS) aplikasi media promosi Ningrum Bakery mendapatkan rata-rata nilai 76 dari 86 responden, dimana dari segi Acceptability Range aplikasi ini termasuk kategori Acceptable, dari segi Grade Scale berada pada posisi Grade C sedangkan pada posisi Adjective Rating berada pada posisi Good.

Kata Kunci: Augmented Reality, Media Promosi, Multimedia Development Life Cycle (MDLC), System Usability Scale (SUS)

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika
Depositing User: Lelis Marsidah
Date Deposited: 04 Nov 2025 06:35
Last Modified: 04 Nov 2025 06:35
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/762

Actions (login required)

View Item
View Item