Ro’yu, Sandy Akbar Cita (2025) PEMBUATAN APLIKASI AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PROMOSI UNTUK NINGRUM BAKERY. Other thesis, Universitas Siliwangi.
1 COVER.pdf
Download (102kB)
2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (250kB)
3 LEMBAR PENGUJI.pdf
Download (229kB)
4 LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Download (299kB)
5 ABSTRAK.pdf
Download (13kB)
6 KATA PENGANTAR.pdf
Download (419kB)
7 DAFTAR ISI TABEL GAMBAR LAMPIRAN.pdf
Download (113kB)
8 BAB 1.pdf
Download (24kB)
9 BAB 2.pdf
Download (522kB)
10 BAB 3.pdf
Download (270kB)
11 BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
12 BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (12kB)
13 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (143kB)
14 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
15 SOURCE CODE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (54kB)
Abstract
Dalam era digital saat ini, pemanfaatan teknologi informasi menjadi hal yang penting dalam strategi pemasaran, termasuk bagi pelaku usaha mikro seperti Ningrum Bakery. Saat ini, Ningrum Bakery masih mengandalkan promosi melalui penyebaran selembaran brosur dan penyebaran di media sosial seperti Instagram, yang hanya menampilkan gambar dua dimensi. Hal ini menyulitkan konsumen dalam memahami detail produk, seperti bentuk dan informasi spesifik lainnya, sehingga sering terjadi kesalahan dalam memilih produk yang dipesan. Penelitian ini bertujuan untuk membangun aplikasi media promosi kue Ningrum Bakery menggunakan teknologi Augmented Reality dengan metode Markerless. Aplikasi media promosi Ningrum Bakery ini dibuat untuk platform android dengan menggunakan metode pengembangan aplikasi MDLC (Multimedia Development Life Cycle). Augmented Reality bisa menjadi suatu inovasi metode promosi yang baru. Berdasarkan hasil pengujian menggunakan System Usability Scale (SUS) aplikasi media promosi Ningrum Bakery mendapatkan rata-rata nilai 76 dari 86 responden, dimana dari segi Acceptability Range aplikasi ini termasuk kategori Acceptable, dari segi Grade Scale berada pada posisi Grade C sedangkan pada posisi Adjective Rating berada pada posisi Good.
Kata Kunci: Augmented Reality, Media Promosi, Multimedia Development Life Cycle (MDLC), System Usability Scale (SUS)
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Informatika |
| Depositing User: | Lelis Marsidah |
| Date Deposited: | 04 Nov 2025 06:35 |
| Last Modified: | 04 Nov 2025 06:35 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/762 |
