Nurjanah, Imas Siti (2025) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK DI SMPN 3 BUNGBULANG GARUT. Masters thesis, Universitas Siliwangi.
1. Cover.pdf
Download (151kB)
2. lembar Pengesahan.pdf
Download (367kB)
3. Lembar pernyataan.pdf
Download (349kB)
4. Abstrak.pdf
Download (220kB)
5. Kata Pengantar dan Ucapan Terima Kasih.pdf
Download (160kB)
6. Daftar Isi, Daftar Tabel, Daftar Gambar dan Daftar Lampiran.pdf
Download (171kB)
7. BAB I.pdf
Download (225kB)
8. BAB II.pdf
Download (611kB)
9. BAB III.pdf
Download (304kB)
10. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
11. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (187kB)
12. Daftar Pustaka.pdf
Download (215kB)
13. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
14. Daftar Riwayat Hidup.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (114kB)
15. Matriks Revisi.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (802kB)
Abstract
Penelitian ini di dasari karena adanya perubahan kurikulum yang digunakan sekolah, yang semula mengunakan Kurikulum 2013 menjadi Kurikulum Merdeka. Implementasi Kurikulum Merdeka pada setiap sekolah berbeda tergantung dari kesiapan aktor-aktor yang terlibat di dalamnya. Perubahan kurikulum merupakan evaluasi dan penyempurnaan guna mencapi tujuan pendidikan nasional, yang salah satunya adalah mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi kreatif. Setiap individu memiliki kemampuan tersebut namun tidak semua individu mampu untuk mengasah kreativitasnya dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, cara berfikir kreatif perlu ditanamkan sejak dini baik melalui pendidikan formal yang ada di sekolah maupun dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi Kurikulum Merdeka pada pembelajaran IPS dalam Mengembangkan Kreativitas peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan Teknik pengumpulan data dilakukan secara triangulasi (gabungan observasi, wawancara, dokumentasi) wawancara dilakukan kepada kepala sekolah, PKS Kurikulum, Guru IPS, dan beberapa orang peserta didik. Data yang diperoleh berupa data kualitatif, analisis data bersifat induktif/kualitatif, dan hasil penelitian kualitatif bersifat untuk memahami makna, memahami keunikan, mengkonstruksi fenomena, dan menjawab pertanyaan penelitian. Instrumen penelitian berupa lembar observasi, lembar wawancara dan studi dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Implementasi Kurikulum Merdeka pada pembelajaran IPS meliputi materi pembelajaran yang lebih konstekstual disesuikan dengan kondisi peserta didik, metode pembelajaran yang fleksibel dengan pendekatan pembelajaran lebih banyak menekankan pada pembelajaran berbasis masalah dan proyek serta evaluasi pembelajaran yang variatif disesuaikan dengan kemampuan dan minat peserta didik. Adapun manfaat dari implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran IPS yaitu dapat mengembangkan kreativitas peserta didik. Hal itu dapat terlihat dari kelancaran berpikir peserta didik, kemampuan menghasilkan gagasan yang berbeda dan unik serta terlihat pula dari sikap yang peserta didik yang mengajukan pertanyaan, berani mengambil resiko, memvisualisasikan imajinasinya serta tenang dalam mengatasi persoalan walaupun dianggap sulit.
Kata kunci : Implementasi Kurikulum Merdeka, Pembelajaran IPS, Kreativitas peserta didik
| Item Type: | Thesis (Masters) | 
|---|---|
| Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) L Education > L Education (General)  | 
        
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi | 
| Depositing User: | Lelis Marsidah | 
| Date Deposited: | 03 Nov 2025 08:15 | 
| Last Modified: | 03 Nov 2025 08:15 | 
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/709 | 
