IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK DI SMPN 3 BUNGBULANG GARUT

Nurjanah, Imas Siti (2025) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK DI SMPN 3 BUNGBULANG GARUT. Masters thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 1. Cover.pdf] Text
1. Cover.pdf

Download (151kB)
[thumbnail of 2. lembar Pengesahan.pdf] Text
2. lembar Pengesahan.pdf

Download (367kB)
[thumbnail of 3. Lembar pernyataan.pdf] Text
3. Lembar pernyataan.pdf

Download (349kB)
[thumbnail of 4. Abstrak.pdf] Text
4. Abstrak.pdf

Download (220kB)
[thumbnail of 5. Kata Pengantar dan Ucapan Terima Kasih.pdf] Text
5. Kata Pengantar dan Ucapan Terima Kasih.pdf

Download (160kB)
[thumbnail of 6. Daftar Isi, Daftar Tabel, Daftar Gambar dan Daftar Lampiran.pdf] Text
6. Daftar Isi, Daftar Tabel, Daftar Gambar dan Daftar Lampiran.pdf

Download (171kB)
[thumbnail of 7. BAB I.pdf] Text
7. BAB I.pdf

Download (225kB)
[thumbnail of 8. BAB II.pdf] Text
8. BAB II.pdf

Download (611kB)
[thumbnail of 9. BAB III.pdf] Text
9. BAB III.pdf

Download (304kB)
[thumbnail of 10. BAB IV.pdf] Text
10. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 11. BAB V.pdf] Text
11. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (187kB)
[thumbnail of 12. Daftar Pustaka.pdf] Text
12. Daftar Pustaka.pdf

Download (215kB)
[thumbnail of 13. Lampiran.pdf] Text
13. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of 14. Daftar Riwayat Hidup.pdf] Text
14. Daftar Riwayat Hidup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (114kB)
[thumbnail of 15. Matriks Revisi.pdf] Text
15. Matriks Revisi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (802kB)

Abstract

Penelitian ini di dasari karena adanya perubahan kurikulum yang digunakan sekolah, yang semula mengunakan Kurikulum 2013 menjadi Kurikulum Merdeka. Implementasi Kurikulum Merdeka pada setiap sekolah berbeda tergantung dari kesiapan aktor-aktor yang terlibat di dalamnya. Perubahan kurikulum merupakan evaluasi dan penyempurnaan guna mencapi tujuan pendidikan nasional, yang salah satunya adalah mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi kreatif. Setiap individu memiliki kemampuan tersebut namun tidak semua individu mampu untuk mengasah kreativitasnya dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, cara berfikir kreatif perlu ditanamkan sejak dini baik melalui pendidikan formal yang ada di sekolah maupun dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi Kurikulum Merdeka pada pembelajaran IPS dalam Mengembangkan Kreativitas peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan Teknik pengumpulan data dilakukan secara triangulasi (gabungan observasi, wawancara, dokumentasi) wawancara dilakukan kepada kepala sekolah, PKS Kurikulum, Guru IPS, dan beberapa orang peserta didik. Data yang diperoleh berupa data kualitatif, analisis data bersifat induktif/kualitatif, dan hasil penelitian kualitatif bersifat untuk memahami makna, memahami keunikan, mengkonstruksi fenomena, dan menjawab pertanyaan penelitian. Instrumen penelitian berupa lembar observasi, lembar wawancara dan studi dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Implementasi Kurikulum Merdeka pada pembelajaran IPS meliputi materi pembelajaran yang lebih konstekstual disesuikan dengan kondisi peserta didik, metode pembelajaran yang fleksibel dengan pendekatan pembelajaran lebih banyak menekankan pada pembelajaran berbasis masalah dan proyek serta evaluasi pembelajaran yang variatif disesuaikan dengan kemampuan dan minat peserta didik. Adapun manfaat dari implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran IPS yaitu dapat mengembangkan kreativitas peserta didik. Hal itu dapat terlihat dari kelancaran berpikir peserta didik, kemampuan menghasilkan gagasan yang berbeda dan unik serta terlihat pula dari sikap yang peserta didik yang mengajukan pertanyaan, berani mengambil resiko, memvisualisasikan imajinasinya serta tenang dalam mengatasi persoalan walaupun dianggap sulit.

Kata kunci : Implementasi Kurikulum Merdeka, Pembelajaran IPS, Kreativitas peserta didik

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
Depositing User: Lelis Marsidah
Date Deposited: 03 Nov 2025 08:15
Last Modified: 03 Nov 2025 08:15
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/709

Actions (login required)

View Item
View Item